Penulis / NIM
RIYAN S. TUMALOTO / 831410245
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pukulan backhand peserta didik terhadap permainan tenis meja (posisi siap, posisi kaki, gerakan memukul "pukulan backhand", dan gerakan lanjutan). Peningkatan kemampuan peserta didik akan dikatakan meningkat jika presentase rata-rata jumlah peserta didik yang sudah menguasai teknik dasar tenis meja dapat ditingkatkan minimal 85%. Berdasarkan hasil observasi awal, ternyata kemampuan siswa kelas VIII4 SMP Negeri 8 Gorontalo baru mencapai 46,57% meningkat sebesar 31,45% menjadi 78,02% pada sisklus I. selanjutnya pada siklus II meningkat sebesar 8,83% yakni dari 78,02% meningkat menjadi 86,85%. Dengan hipotesis tindakan yang berbunyi dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw maka, kemampuan pukulan backhand dalam permainan tenis meja dapat ditingkatkan dan dapat di terima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan pukulan backhand pada siswa kelas VIII4 SMP Negeri 8 Gorontalo. Dengan demikian dapat disarankan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sangat tepat digunakan dalam proses belajar mengajar dalam meningkatkan kemampuan pukulan backhand dalam permainan tenis meja.
Kata Kunci: Pukulan Backhand Dalam Permainan Tenis Meja, Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.
Download berkas