Penulis / NIM
LAHAIRUN LAHARIMUNA / 831410258
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. NURHAYATI LIPUTO, M.Pd / 0002095703
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
La Hairun La Harimuna, 2014, Nim. 831 410 258, Meningkatkan Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Metode Modelling Pada Siswa Kelas VIIIa SMP Islam Tirtakencana Kabupaten Banggai". Program studi S1 pendidikan keolahragaan. Fakultas ilmu-ilmu kesehatan dan keolahrgaan, Universitas Negeri Gorontalo.
Masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah kurangnya penguasaan siswa dalam melakukan teknik dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa dikelas VIIIa SMP Islam Tirtakencana Kabupaten Banggai. Berdasarkan uraian permasalahan tersebut maka tujuan diadakanya penelitian ini adalah untuk meningkatkan teknik dasar lompat jauh gaya jongkok melalui metode modelling pada siswa kelas VIIIa SMP Islam Tirtakencana Kabupaten Banggai. Penelitian ini merupakan suatu jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Islam Tirtakencana Kabupaten Banggai khususnya kelas VIIIa yang berjumlah 26 oarang siswa, terdiri dari 13 orang putra dan 13 orang putri .
Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dari masing-masing siklus diberikan tindakan sebanyak tiga kali dan satu kali evaluasi dengan indikator pencapaian 75%. Dari data yang diperoleh melalui observasi diperoleh hasil rata-rata keseluruhan siswa sebesar 54,51 sebelum dikenai tindakan, setelah diberi tindakan pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 9,11 sehingga rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus ini sebesar 63,62 setelah evaluasi dilakukan, namun pencapaian siswa pada siklus ini belum mencapai indikator, oleh karena itu perlu diberi tindakan lanjutan pada siklus II, setelah diberi tindakan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 11,6 sehingga rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus ini sebesar 75,22 setelah evaluasi dilakukan melihat hasil perolehan siswa pada siklus ini maka dapat dinyatakan bahwa penelitian ini selesai dan berhasil.
Berdasarkan uraian tersebut maka hipotesis tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah jika metode modelling diterapkan pada pembelajaran penjas khususnya tentang teknik dasar lompat jauh gaya jongkok, maka penguasaan siswa dalam melakukan lompat jauh yang ada di kelas VIIIa SMP Islam Tirtakencana Kabupaten Banggai akan meningkat.
Kata Kunci : Lompat Jauh Gaya Jongkok, Metode Modelling
Download berkas