Penulis / NIM
TANGON AMU / 831410260
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
Tangon Amuo 2014. Nim 831 410 260. Meningkatkan Gerak Dasar Tolak
Peluru Pada Cabang Olahraga Atletik Melalui Strategi Pembelajaran Modifikasi
Siswa Kelas V SDN Singkoyo Kabupaten Banggai, Program studi Sl pendidikan
keolahragaan. Fakultas ilmu-ilmu kesehatan dan keolatrgaan, Universitas Negeri
Gorontalo.
Berdasarkan uraian latar belakang masalah dalam penelitian ini terdapat
beberapa masalah yang teridentifftasi antara lain, siswa tidak menguasai
keseluruhan dalam melakukan gerak dasar yang ada pada cabang olahraga atletik
khususnya nomor tolak peluru pada mata pelajaran penjas di SDN Singkoyo
Kabupaten B,anggai, oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian tindakan
dapat dirumuskan seperti berikut, apakah melalui strategi pembelajaran
modifikasi dapat meningkatkan gerak dasar siswa di kelas V SDN Singkoyo
Kabupaten Banggai dalam melakukan tolak peluru. Adapun Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk meningkatkan gerak dasar tolak peluru pada cabang
olahraga atletik melalui strategi pembelajaran modifikasi siswa kelas V SDN
Singkoyo Kabupaten Banggai, sehingga penelitian ini diharapkan dapat memberi
manfaat bagi sekolah, BW, sisw4 danpeneliti.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Singkoyo Kabupaten Banggai
sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Singkoyo
Kabupaten'Banggai, dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang yang terdiri dafl 12
orang putra dan 8 orang putri. Pelaksanaum penelitian ini berlangsung dalam II
siklus untuk masing-masing siklusnya dikenai tindakan sebanyak tiga kali dan
satu kali evaluasi, penelitian dapat dikatakan selesai apabila indikator pencapaian
mencapai 75o/o. Dan data yang diperoleh melalui observasi awal capaian siswa
dalam melakukan tolak peluru sebesm 56,08, masuk pada siklus I meningkx
sebesar 14,17 sehingga mencapai 70,25 melihat hasil tersebut dapat dikatakan
bahwa siklus I ini belum mencapai indikator oleh karena itu perlu dilanjutkan ke
siklus berla4iutan yakni siklus II, pada siklus II ini rata-rata keseluruhan yang di
peroleh siswa meningkat sebesar 6,58 sehingga mencapar 76,83 dari pencapaian
tersebut dapat dikatakan bahwa capaian siklus II ini telah mencapai indikator yang
sehingga penelitian tindakan kelas ini dinyatakan selesai dan berhasil.
Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini dapat dikatakan bahwa
melalui Strategi Pembelajaran Modifikasi dapat meningkatkan Meningkatkan
Gerak Dasar Tolak Peluru Pada Cabang Olahraga Atletik. Dengatr demikian maka
hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah jika guru mengguuakan strategi
pembelajaran modifftasi maka pengursam siswa dalam melakukan gerak dasar
tolak peluru siswa yang ada di kelas V SDN Singkoyo Kabupaten Banggai dapat
di tingkatkan.
Kata Kunei: Tolak Pehtru, Strategi Pembelaiaran Modffiknsi
Download berkas