Penulis / NIM
DEDI / 831410279
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK
DEDI. 831 410 279. 2014.Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Pada Permainan Bola Voli Melalui Metode BerpasanganSiswa Kelas XGSMA Negeri 1 Toili. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo.
Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah penerapan metode berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi passing atas di kelas XG SMA Negeri 1 Toili Kecamatan Toili Kabupaten Banggai?". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing atas permainan bolah voli dengan menggunakan metode berpasangan pada siswa kelas XG SMA Negeri 1 Toili. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Pada pelaksanaan observasi pada pembelajaran passing atas dalam permainan bola voli, hasil belajar siswa belum sesuai dengan harapan dan kemampuan siswa melakukan passing atas perlu ditingkatkan. Hasil tes observasi awal diperoleh nilai rata-rata 39,21 dan tidak ada yang mencapai nilai 75. Melalui penggunaan metode berpasangan, terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa melakukan passing atas dari siklus I hingga ke siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 57,14 dan yang mencapai nilai 75 hanya 1 orang. Pada siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 81,27 dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas mencapai 82,86%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi passing atas di kelas XG SMA Negeri 1 Toili Kecamatan Toili Kabupaten Banggai.
Kata Kunci: Passing Atas, Permainan Bola Voli, Metode Berpasangan
Download berkas