Penulis / NIM
APRIYANTO NGGOLITU / 831411004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. NURHAYATI LIPUTO, M.Pd / 0002095703
Abstrak
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya penguasaan siswa dalam melakukan keterampilan lompat jauh gaya jongkok pada cabang olahraga atletik. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan dasar lompat jauh gaya jongkok pada cabang olahraga atletik melalui model pembelajaran explicit instruction pada siswa kelas X IIS3 SMA Negeri 1 Kabila. Hasil penelitian terbukti signifikan, dimana terjadi peningkatan dengan persentase 78,33% melebihi indikator kinerja yang ditentukan sebelumnya yaitu 77% setelah dilakukan tindakan dalam dua siklus dari jumlah keseluruhan 30 siswa yang di kenai tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam melakukan keterampilan lompat juah gaya jongkok setelah di beri tindakan dan mencapai hasil sesuai dengan apa yang diharapkan yakni rata-rata nilai 52,78% pada Observasi awal, Siklus I meningkat sebesar 68,33%, jadi selisih antara observasi awal dan siklus I sebesar 15,55% dan Siklus II meningkat sebesar 78,33% dengan selisih antara siklus I dan Siklus II sebesar 10%. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan keterampilan dasar lompat jauh gaya jongkok cabang olahraga atletik siswa kelas X IIS3 SMA Negeri 1 Kabila sehingga penelitian di anggap selesai dan dapat di terima.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Explicit Instruction, Lompat Jauh
Abstract
The problem in this research is the low student mastery in doing squat-style long jump skills in athletics. The aim of research to improve basic skills long jump squat force in athletics through learning model of explicit instruction in class X SMA Negeri 1 IIS3 Kabila. The results of the study proved significant, where an increase in the percentage of 78.33% exceeds the predetermined performance indicators, namely 77% after the action in the two cycles of the total number of 30 students in ering action. The results showed that the students' skills in performing skills juah style squat jump after the given action and achieve results in line with what is expected at an average value of 52.78% on the initial observations, the first cycle increased by 68.33%, so the difference between the initial observation and the first cycle of 15.55% and cycle II increased by 78.33% to the difference between the first cycle and the second cycle by 10%. Thus the use of explicit instruction learning model can improve the basic skills long jump squat style athletics IIS3 class X SMA Negeri 1 Kabila so that research is considered finished and can be received.
Keywords : Learning Model of Explicit Instruction, Long Jump
Download berkas