Penulis / NIM
MABRUR PAUH / 831411009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Mabrur Pauh / 831 411 009 "Meningkatkan Keterampilan Tehnik Dasar Servis Bawah Dalam Permainan Bola voli Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction Siswa SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone bolango
Masalahdalam penelitian ini adalah masih rendahnya peningkatan servis bawah pada siswa kelas VII.A SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bonebolango.Untuk memecahkan masalah tersebut digunakan model pembelajaran Explicit Instruction di lakukan dengan cara guru menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, mempraktekan, membimbing pelatihan, mengecek pemahaman, memberi kesempatan latihan lanjutan,dalam mempelajari servis bawah Dari tahap awalan, tahap persiapan, dan akhir gerakan.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahuipeningkatan servis bawah dengan mengunakan model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas VII.A SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bonebolango.Hipotesis tindakan yakni jika model pembelajaran Explicit Instruction ini di terapkan maka peningkatan servis bawah pada siswa kelas VII.A SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bonebolango akan meningkat. Indicator kinerja jika rata-rata terjadi peningkatan servis bawah pada siswa kelas VII.A SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bonebolango mencapai klasifikasi nilai sebesar 80% maka penelitian ini selesai serta dinyatakan berhasil.
Pengambilandata di lakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian data analisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata-rata servisbawahyakni; pada observasi awal rata-rata kemampuan siswa dalam melakukan servis bawah sebesar 46,18%. Setelah diadakan tindakan siklus 1 terjadi peningkatan sebesar 20,95% menjadi 67,13% danpadatindakansiklus 2 diperolehhasilcapaiansebesar 83,71% atauterjadipeningkatansebesar 16,58dengandemikian rata-rata peningkatan dariobserfasiawalsampaipadasiklus 2 sebesar 37,53% jadihipotesis yang berbunyi menggunakan model pembelajaranExplicit Instruction maka peningkatan servisbawahpadasiswakelas VII.A SMPNegeri 1 Suwawa Kabupaten Bonebolango meningkat dan dapatditerima.
Jika model pembelajaran Explicit Instruction dilakukan dalam penelitian ini maka peningkatan servisbawahmeningkat.
Kata Kunci :Bolavoli, servisbawah, dan model pembelajaran Explicit Instruction
Download berkas