Penulis / NIM
YENI / 831411016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK
Yeni. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Chest Pass Pada Permainan Bola Basket Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Penjaskes-Rek, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Aisah R. Pomatahu, Dra. M.Kes, dan Pembimbing II Mirdayani Pauweni, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Type Make A Match terhadap hasil belajar Chest pass pada permainan bola basket siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 8 Kota Gorontalo?Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni model pembelajaran kooperatif Type Make A Match.Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif Type Make A Match terhadap hasil belajar Chest pass pada permainan bola basket.Hipotesis penelitian ini adalah "Terdapat pengaruh model pembelajaran tipe make a match terhadap hasil belajar chest pass dalam permainan bola basket siswa kelas VIII-1SMP Negeri 8 Kota Gorontalo.
Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, diperoleh harga thitung sebesar 3,548 dan data yang diperoleh berdasarkan distribusi ttabel sebesar 1,717.jika dibandingkan hasil antara thitung dengan ttabel maka harga thitung lebih besar dari harga ttabel. Sehingga hasil pengujian hipotesis menerima H1, dimana thitung> ttabel. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar chest pass sebelum menerapkan model pembelajaran Type Make A Match (pretest) dengan hasil belajar chest pass setelah menerapkan model pembelajaran Type Make A Match (posttest). Dengan kata lain bahwa menggunakan model pembelajaran Type Make A Match memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar chest pass pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 8 Kota Gorontalo.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa treatment yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Type Make A Match memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar chest pass pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t test diperoleh nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel dimana nilai thitung sebesar 3,548, sedangkan nilai ttabel1,717. nilai ttabel tersebut berdasarkan pada jumlah derajat kebebasan (dk) yaitu 22 dengan taraf signifikan () 0.05 atau tingkat kepercayaan 95%. Dengan demikian, hasil penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan dan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Type Make A Match dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar chest pass.
Kata Kunci : Make a Match, Chest Pass, Permainan Bola Basket.
Download berkas