SKRIPSI

Penulis / NIM
IKBAL A. ALIM / 831411033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK IKBAL A. ALIM / 831 411 033 "MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 8 KOTA GORONTALO Dosen Pembimbing 1 Drs. Sarjan Mile Ms. Dan Dosen Pembimbing 2 Drs. Ahmad Lamusu, M.pd. Masalah dalam penelitian ini adalah dalam melakuakan teknik passing bawah, rendahnya hasil belajar siswa pada materi prmainan bola voli terutama pada materi passing bawah hingga mengakibatkan nilai mata pelajaran rendah. Tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah:bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dasar passing bawah dalam permainan bola voli melalaui model pembelajaran explicit intruction pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 8 Kota Gorontalo.. Adapun hipotesis tindakan yakni "jika penggunaan model pembelajaran explicit itruction dilakuan pada penelitian ini maka kemampuan siswa melakukan passing bawah pada permainan bola voli dapat ditingkatkan. Indikator kinerja. Adalah meningkatkan kemapuan siswa melakuan passing bawah dalam permainan bola voli melalui model pembelajaran explicit itruction dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) adalah 75sampai 80 % dari seluruh siswa memperoleh nilai 80, maka penelitian dinyatakan selesai. Data pada penelitian ini merupakan suatu jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di sekolah SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Dengan subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 8 Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 25 orang 13 putri dan putra berjumlah 12 orang. Pengambilan data dapat dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegitan siswa dan guru, serta evaluasi terhadap materi yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian dianalisis baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif, berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan melakukan teknik dasar passing bawah yakni: pada obsevasi awal rata-rata kemampuan dasar passing bawah sebesar 53,95% setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan 63,41% dan pada tindakan siklus II diperoleh hasil capaian sebesar 77,66% berada pada kategori baik. Simpulan: berdaskan penjelasan tersebut di atas, jelas bahwa hasil penelitian ini telah mencapai indikator yang diharapkan. Jadi hipotesis yang dinyatakan: "jika penggunaan model pembelajaran explicit intruction dilakukan pada penelitian ini maka kemampuan siswa melakuakn passing bawah pada permainan bola voli dapat ditingkatakan. Dapat diterima. Kata Kunci: Teknik Dasar Passing Bawah, Model Pembelajaran Explicit Intruction,siswa SMP.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011