Penulis / NIM
ANGKIWANTO / 831411036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
EDY DHARMA PUTRA DUHE, S.Pd M.Pd / 0015068103
Abstrak
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Exampeles Non-Examples terhadap peningkatan ketepatan passing bawah dalam permainan bolavoli siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Tapa? Tujuannya untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Examples Non-Examples terhadap peningkatan ketepatan passing bawah dalam permainan bolavoli siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Tapa. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Examples Non-Examples terhadap peningkatan ketepatan passing bawah dalam permainan bolavoli siswa Kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Tapa dapat ditingkatkan. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis penulis yang berbunyi ..."terdapat pengaruh model pembelajaran Examples-Non Examples terhadap hasil keterampilan passing bawah dalam permainan bolavoli pada siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Tapa dapat diterima. Hal ini terbukti dengan menerapkan model Examples-Non Examples memberikan dampak yang positif dan baik terhadap peningkatan keterampilan passing bawah voli pada siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Tapa serta dapat dibuktikan dengan hipotesis statistik dimana pembelajaran Examples-Non Examples memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar permainan bolavoli. Dalam pengujian data normalitas yang diperoleh bahwa data variabel hasil peningkatan keterampilan passing bawah merupakan data yang berdistribusi normal. Serta dalam pengujian homogenistas data variabel hasil dari peningkatan passing bawah berasal dari data populasi yang homogen (sama).
Kata Kunci : passing bawah, bola voli, Examples-Non Examples
Download berkas