Penulis / NIM
MUHAMMAD HISYAM / 831411044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
EDY DHARMA PUTRA DUHE, S.Pd M.Pd / 0015068103
Abstrak
ABSTRAK
Mohammad hisyam, 831 411 044 Pengaruh model pembelajaran examples non-examples terhadap hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepak bola siswa kelas VII SMPN I Telaga. Skripsi. Gorontalo. Jurusan FOK.
Skripsi dibawah bimbingan Drs.Sarjan Mile, MS, dan Edy Darma Putra Duhe S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mengatahui pengaruh model pembelajaran examples non-examples terhadap menggiring bola dalam permainan sepak bola siswa kelas VII SMP N I Telaga.
Berdasarkan tujuan penelitian diatas maka penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen yaitu penelitian terdiri dari atas dua variabel yaitu variabel X (examples non-examples) dan variabel Y (menggiring bola). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri I Telaga. Sampel yang diambil untuk penelitian sebanyak 20 siswa. Instrumen bentuk penlitian berskala. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. (1) secara umum diberikan tes awal (pre test) untuk mengetahuitinggkat kemampuan tehnik menggiring bola dalam sepak bola dengan cara masing-masing siswa melakukan tehnik menggiring secara bergantian. (2). Setelah mengetahui tingkat kemampuan awal para siswa, selanjutnya siswa diberikan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran examples non-examples dengan jumlah siswa 20 orang dibentuk dalam kelompok yang masing-masing 3-5 orang. (3). Data yang diambil pada tes akhir adalah akhir hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran examples non-examples (perlakuan) yang dinilai secara individu pada sepak bola (menggiring bola). (4). Pengambilan data tes awal dan tes akhir pada tehnik sepak bola (menggiring bola) yang dinilai dalam format penilaian ratting skala.
Kesimpulan dalam penelitian ini sebagai beriku. Hipotesis yang berbunyi ...pengaruh model pembelajaran examples non-examples hasil menggiring bola dalam permainan sepak bola siswa kelas VII SMP Negeri I Telaga dapat di terima dan di jawab. Bentuk model pembelajaran examples non-examples dapat memberikan kontribusi adalah kemampuan menggiring bola ini dapat dipengaruhi hasil yang ditunjukkan setelah eksperimen. Dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran dapat memberikan pengaruh pada kemampuan menggiring bola.
Kata kunci: belajar menggiring bola pada permainan sepak bola, model pembelajaran examples non-examples.
Download berkas