Penulis / NIM
ARIANTO HALUTI / 831411045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
EDY DHARMA PUTRA DUHE, S.Pd M.Pd / 0015068103
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
ABSTRAK
Arianto Haluti. 2016. Meningkatkan Teknik Dasar Pukulan Forehand Pada Permainan Tenis Meja Melalui Model Explicit Instruction Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kabila. Prodi Penjaskes, jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Edy Putra Duhe, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Risna Podungge, S.Pd, M.Kes.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan teknik dasar pukulan forehand pada permainan tenis meja melalui metode explicit instruction pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila. Subjek penelitian adalah adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila yang berjumlah 34 orang terdiri dari 17 laki-laki, dan 17 perempuan.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam II siklus dari masing-masing siklus terdiri dari tiga kali tindakan dan satu kali evaluasi dengan indikator pencapaian 80% maka penelitian ini dianggap selesai. Dari data yang diperoleh melalui observasi awal capaian keseluruhan siswa 58,50. Dan diberi tindakan pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 72,88. Berhubung nilai keseluruhan siklus I belum mencapai indikator kinerja yaitu 80 maka diberi tindakan pada siklus II, pada siklus II ini mencapai 82,68. Melihat pencapaian yang diperoleh siswa pada siklus II maka penelitian ini dinyatakan berhasil.
Dengan demikian dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini dengan melalui model explicit instruction dapat meningkatkan teknik dasar pukulan forehand pada permainan tenis meja. Dengan demikian maka hipotetis tindakan dapat dirumuskan sebagai berikut. Jika menggunakan model explicit instruction khususnya meningkatkan teknik dasar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila khususnya dalam melakukan teknik dasar pukulan forehand akan mengalami peningkatan.
Kata kunci : teknik dasar pukulan forehand, model explicit instruction, Siswa Kelas X, Sekolah Menengah Atas.
Download berkas