SKRIPSI

Penulis / NIM
ASRIN .ABD GANI / 831411049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Pembimbing 2 / NIDN
EDY DHARMA PUTRA DUHE, S.Pd M.Pd / 0015068103
Abstrak
ABSTRAK Asrin Abdul Gani. 2017. Meningkatkan Teknik Dasar Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Penjaskes-Rek, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ruslan, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Edy Dharma Putra Duhe, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : apakah melalui model pembelajaran explicit instructiondapat meningkatkan teknik dasar passing bawah dalam permainan bolavoli pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Gorontalo ? Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan teknik dasar passing bawah dalam permainan bolavoli melalui model pembelajaran explicit instructionpada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Gorontalo.Hipotesis penelitian ini adalah "Jika model pembelajaran explicite instruction diterapkan, maka teknik dasar passing bawahdalampermainanbolavoli pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Gorontaloakan meningkat. Berdasarkan hasil analisis data pada observasi, siklus I dan siklus II pemberian tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini menunjukkan keberhasilan melalui peningkatan kemampuan siswa kelas VII dalam melakukan teknik dasar servis bawah, sebagai berikut :Aspek (A) Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut ditekuk pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 43,26, siklus I mencapai 65,435 dan siklus II mencapai 75.Aspek (B) Rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan hingga kedua ibu jari sejajar pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 43,48, siklus I mencapai 65,87, dan siklus II mencapai 74,348.Aspek (C) Lakukan gerakan mengayunkan kedua lengan secara bersamaan dari bawah ke atas hingga setinggi bahu pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 40,87, siklus I mencapai 65,435, dan siklus II mencapai 75,217.Aspek (D) Saat bola tersentuh kedua lengan kedua lutut diluruskan pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 41,74, siklus I mencapai 65,43, dan siklus II mencapai 74,78.Aspek (E) Perkenaan bola yang baik tepat pada pergelangan tangan pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 41,09, siklus I mencapai 63,261, dan siklus II mencapai 75,87. Memperhatikan peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa berarti hipotesis yang di rumuskan yaitu Jika model pembelajaran explicite instruction diterapkan, maka teknik dasar passing bawahdalampermainanbolavoli pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Gorontaloakan meningkat (terbukti kebenarannya).Jadi penelitian tindakan kelas (PTK) ini dapat dikatakan telah berhasil. Kata Kunci : Explicite Instruction, Passing Bawah, Permainan Bolavoli.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011