SKRIPSI

Penulis / NIM
FADLI BAILUSI / 831411060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan melakuakn overhead pass pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo. Untuk memecahkan masalah tersebut digunakan model pembelajaran Explicit Intructiondi lakukan dengan cara guru menjelaskan,mempraktekan, dan mengatur siswa kedalam kelompok untuk berkerja sama atau saling membantu mempelajari cara melakukanoverhead pass ,tahap persiapan,tahap pelaksanaan,akhir gerakan dan memberikan tes praktek games. Kemudian penghargaan kelompok untuk masing-masing kelompok. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan Overhead Passdengan mengunakan model pembelajaraan Explicit Intruction siswa SMP N2 Gorontalo. Hipotesis tindakan yakni jika menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Explicit Intruction maka keterampilanmelakukan Overhead Pass dalam permainan bola basket pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gorontalo akan meningkat?. indikator kinerja jika rata-rata terjadi peningkatan pada pembelajaran overhead pass dalam permainan bola basketsiswa kelas VIII SMP N 2 Gorontalo mencapai klasifikasi nilai sebesar 80% maka penelitian ini selesai serta dinyatakan berhasil. Pengambilan data di lakukaan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian data analisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan overhead pass yakni; pada observasi awal rata-rata kemampuan siswa dalam melakukan overhead pass sebesar 58,76.setelah diadakan tindakan siklus satu terjadi peningkatan sebesar menjadi 75,32 dan pada tindakan siklus dua diperoleh hasil capaian sebesar 84,16% dengan demikian rata-rata peningkatan dari obserfasi awal sampai pada siklus dua jadi hipotesis yang berbunyi menggunakan model pembelajaran teams games tournament maka keterampilan dasar overhead pass dalam permainan bola basket pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gorontalo akan meningkatdapat diterima. Jika model pembelajaranexplicit instructiondilakukan dalam penelitian ini maka keterampilan melakukan overhead pass akanmeningkat. Kata Kunci: Bola Basket,keterampilanoverhead pass, dan model pembelajaran explicit instruction
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011