Penulis / NIM
ARUJI ANTARANI / 831411061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
EDY DHARMA PUTRA DUHE, S.Pd M.Pd / 0015068103
Abstrak
ABSTRAK
Aruji Antarani . 2016, penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk meningkatkan ketrampilan Dribble dalam permainan bola basket pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Drs. Sarjan Mile ,MSdan Pembimbing IIEdy Dharma Putra Duhe S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Masih rendahnya hasil belajar siswa dalam melakukan ketrampilan dasar bermain bola basketkhususnya ketrampilan Dribble. Cara pemecahan masalah yang dihadapi oleh siswa dilakukan dengan menerapkanmodel pembelajaran yang tepat yakni dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Dalam pelaksanaan proses pembelajarannya adalah guru mencari masalah yang dihadapi siswa yang mengakibatkan siswa tidak bisa optimal dalam hasil belajar melakukan ketrampilan Dribble Bola tersebut, kemudian guru mencari solusi untuk diberikan kepada siswa yang tidak bisa melakukan ketrampilan tersebut. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan hasil ketrampilan melakukan Dribble pada permainan bola basket setelah diterapkannyamodel pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Hipotesis tindakan adalah jika diterapkannya model pembelajaran Student Facilitator And Explaining, maka ketrampilan melakukan Dribble pada siswa kelas VIII7 SMP Negeri 2 Gorontalo dapat di tingkatkan. Indikator kinerja adalah apabila peningkatan hasil ketrampilan Dribble dalam permainan Bola Basket pada siswa kelas VIII7 SMP Negeri 2 Gorontalo dan hasilnya mencapai 80% maka penelitian ini dinyatakan selesai. Pengambilan data dilakukan dengan dengan menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa serta evaluasi atas materi yang diajarkan setiap siklus.Kemudian data tersebut di analisis baik secara kuantitatif maupun kuailitatif. Berdasarkan analisis data dapat diketahui terjadinya peningkatan skor/ nilai rata-rata siswa dalam ketrampilan melakukan Dribble yakni : pada observasi awal skor nilai rata-rata siswa melakukan ketrampilan Dribble 48,82 setelah diadakantindakan siklus I terjadi peningkatan sebesar 26,67 menjadi 75,49 kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 8,18 mejadi 83,67. Dengan demikian dapat di katakan bahwa hipotesis yang telah diajukan dapat diterima karena teruji kebenarannya.
Kata kunci :ketrampilan, dribble ,model pembelajaran Student Facilitator And Explaining
Download berkas