Penulis / NIM
FIKRI FARHAN DETU / 831411062
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr MEYKE PARENGKUAN, M.Pd / 0003047906
Pembimbing 2 / NIDN
MARSA LIE TUMBAL, S.Pd M.Pd / 0023047603
Abstrak
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan siswa dalam melakukan chestpass pada permainan bolabasket siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa. Cara untuk menyelesaikan masalah ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat yakni model pembelejaran student facilitator and explainig .Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan chestpass pada permainan bolabasket di SMP Negeri 1 Tapa, setelah diterapkan model pembelajaran student facilitator and explaining dikelas tersebut maka hipotesis tindakan yaitu âmodel pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan keterampilan melakukan chestpass pada permainan bolabasket, siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa. Dengan indikator kinerja yang telah tercapai. Hasil dari penelitian ini adalah data observasi awal 58% kemudian meningkat pada siklus I menjadi 70,83%, pada siklus II meningkat menjadi 81,81%. Dengan demikian hipotesis tindakan diterima. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini dengan demikian maka hipotesis dapat dikemukakan bahwa melalui model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan keterampilan chestpass pada cabang olahraga bolabasket pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa.
Kata Kunci : chestpass , model pembelajaran student facilitator and explaining
Download berkas