SKRIPSI

Penulis / NIM
ROMI UTIARACMAN / 831411064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
UCOK HASIAN REFIATER, S.Pd M.Pd / 0020117703
Abstrak
ABSTRAK Romi Utiarachman, 2016 Meningkatkan servis atas dalam permainan bolavoli melalui metode student facilitator and explaining siswa kelas XI TKJ-c smk negeri 1 suwawa. Program Studi S1 Pendidikan keolahragaan. Fakultas olahraga dan kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa tidak dapat meningkatkan servis atas, metode yang digunakan adalah student facilitator and explaining. Sample yang diteliti adalah siswa kelas XI TKJ-c di SMK Negeri 1 Suwawa yang berjumlah 21 orang. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dari masing-masing siklus diberikan sebanyak tiga kali tindakan dan satu kali evaluasi dengan indikator pencapaian 75, maka penelitian ini dianggap selesai. Dari data yang didapat melalui observasi diperoleh 40,22 dan diberi tindakan pada siklus I terjadi peningkatan mencapai 65,93 namun pencapaian siswa pada siklus I belum mencapai indikator yang sudah ditentukan sebelumnya maka perlu diberi tindakan lanjutan pada siklus II, pada siklus ini pencapaian siswa mencapai 76,12 melihat pencapaian yang diperoleh siswa pada siklus II maka penelitian ini dinyatakan selesai dan berhasil. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini dapat dikemukakan bahwa melalui metode student facilitator and explaining dapat meningkatkan keterampilan dasar siswa dalam melakukan servis atas pada permainan bolavoli. Dengan demikian maka hipotesis tindakan dapat dirumuskan sebagai berikut. Jika menggunakan metode student facilitator and explaining dalam pembelajaran penjas khususnya meningkatkan teknik dasar siswa kelas XI TKJ-c di SMK Negeri 1 Suwawa dalam melakukan keterampilan dasar servis atas pada permainan bolavoli akan meningkat. Kata Kunci : servis atas, metode student facilitator and explaining
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011