Penulis / NIM
SUTAN ZUMRAH PANIGORO / 831411069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr MEYKE PARENGKUAN, M.Pd / 0003047906
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
Abstrak
Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah. Apakah melalui metode pembelajaran latihan berulang keterampilan dasar gerakan meroda pada cabang olahraga senam siswa kelas V SDN 79 Kota Tengah, masalah ini dipecahkan melalui model pembelajaran latihan berulang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dasar gerakan meroda pada cabang olahraga senam melalui metode pembelajaran latihan berulang siswa kelas V SDN 79 Kota Tengah Kota Gorontalo. Hipotesis Tindakan yakni âJika guru menggunakan metode pembelajaran latihan berulang maka keterampilan dasar gerakan meroda pada cabang olahraga senam kelas V SDN 79 Kota Tengah akan meningkatâ, dengan indikator kinerja, apabila 80% hasil belajar siswa dalam gerakan meroda melalui metode pembelajaran latihan berulang maka penelitian ini dinyatakan selesai. Berdasarkan hasil pengamatan pada observasi awal siswa belum mampu melakukan gerakan meroda pada cabang olahraga senam dengan nilai rata-rata yakni 54,26% sehingga dilanjutkan pada siklus I. Setelah diberi tindakan mengalami peningkatan mencapaidengannilai rata-rata 72,01%. Akan tetapi pada siklus I ini belum juga mencapai target yang diharapkan yakni 80% sehingga dilanjutkan lagi siklus II. Dengan memperbaiki dan menyempurnakan kembali proses pembelajaran maka pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 80,92%.Hal ini melebihi target yang diharapkan sehingga penelitian ini dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui metode pembelajaran latihan berulang dapat meningkatkan keterampilan dasar gerakan meroda siswa pada cabang olahraga senam dengan diberikan tindakan penelitian ini berhasil.
Kata Kunci : Gerakan Meroda, Metode Pembelajaran Latihan Berulang
Download berkas