Penulis / NIM
RAHMAT MAMONTO / 831411072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Abstrak
ABSTRAK
RAHMAT MAMONTO. 2014. Menigkatkan Keterampilan Lay Up Shoot Pada Permainan Bola Basket Melaui Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Hj. Aisah R. Pomatahu. Dra. M.kes Dan Pembimbing II. Drs. Sarjan Mile, Ms.
Masalah dalam penelitian ini adalah : Masih rendahnya siswa dalam melakukan Shooting salah satunya tembakan Lay Up Shoot. Cara pemecahanya dilakukan dengan menggunakan metode Problem Solving. Dalam pelaksanaan proses pembelajarannya adalah guru mencari masalah yang dihadapi siswa yang mengakibatkan siswa tidak bisa melakukan tembakan lay up shoot tersebut, kemudian guru mencari solusi untuk diberikan kepada siswa yang tidak bisa melakukan gerakan tersebut. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah terjadinya meningkatkan keterampilan lay up shoot pada permainan bola basket setelah diterapkan metode problem solving. Hipotesis tindaakan adalah jika guru menggunakan metode problem solving, maka teknik dasar lay up shoot pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapa dapat di tingkatkan. Indikator kinerja adalah apabila peningkatan keterampilan lay up shoot pada permainan bola basket pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapa, dan hasilnya mencapai 80% maka penelitian ini dinyatakan selesai. Pengambilan data dilakukan dengan dengan menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa serta evaluasi atas materi yang diajarkan setiap siklus. Kemudian data tersebut di analisis baik secara kuantitatif maupun kuailitatif. Berdasarkan analisis data dapat diketahui terjadinya peningkatan skor/nilai rata-rata teknik siswa dalam melakukan tembakan lay up shoot yakni : pada observasi awal skor nilai rata-rata siswa melakukan tembakan lay up shoot sebesar 58,4, setelah diadakantindakan siklus I terjadi peningkatan sebesar 14,4 menjadi 72,8 kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 11,6 mejadi 84,4. Dengan demikian dapat di katakan bahwa hipotesis yang telah diajukan dapat diterima karena teruji kebenarannya.
Kata kunci : Keterampilan Lay Up Shoot, Meotode Problem Solving.
Download berkas