Penulis / NIM
CRHESNA NARESWARI POTABUGA / 831411074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
Crhesna N. Potabuga/ 831411074 Meningkatkan Keterampilan Passing Atas Pada Permainan Bolavoli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Achievemant Division (STAD) Pada Siswa Kelas VIIIb SMP Negeri 1 Suwawa. Pembimbin I Drs. Sarjan Mile, Ms. Pembimbing II Ruslan, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahya keterampilan siswa dalam melakukan passing atas pada siswa kelas VIIIb SMP Negeri 1 Suwawa. Untuk memecahkan masalah tersebut digunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Model pembelajaran kooperatif yang dimaksudkan adalah pembelajaran berkelompok. Pembelajarannya siswa dibagi kelompok terdiri dari 4-5 orang siswa, kemudian diberi materi tentang passing atas.
Tujuan Peneltian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan keterampilan passing atas pada permainan bolavoli melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIIIb SMP Negeri 1 Suwawa. Hipotesis tindakan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah " jika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD maka keterampilan siswa Kelas VIIIb SMP Negeri 1 Suwawa melakukan passing atas akan meningkat. Indikator kinerja, apabila melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, maka keterampilan passing atas Siswa Kelas VIIIb SMP N 1 Suwawa dapat di tingkatkan Minimal 80% dan telah mencapai dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah yakni 75 %. maka penelitian dinyatakan selesai. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas VIIIb SMP Negeri 1 Suwawa yang berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan, dengan latar belakang kemampuan yang berbeda-beda.
Berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata-rata siswa dalam melakukan passing atas pada permainan bolavoli pada siswa kelas VIIIb yakni ; pada observasi awal nilai rata-rata siswa dalam melakukan passing atas sebesar 51.90. Setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan 15.62% dengan nilai rata-rata 67.52, dan tindakan siklus II diperoleh peningkatan 14.1% hasil capaian rata-rata sebesar 81.62. Dengan melihat hasil capaian dari pelaksanaan observasi awal, siklus I dan siklus II, semua aspek keterampilan passing atas pada permainan bolavoli melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini telah dapat dikategorikan berhasil karena mengalami peningkatan hingga mencapai target yang ditentukan yakni 80% dari jumlah 20 siswa yang telah diteliti memperoleh nilai rata-rata 81.62. Dengan demikian, maka hipotesis dalam penelitian tindakan kelas ini yang menyatakan bahwa "Meningkatkan keterampilan passing atas pada permainan bolavoli melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievemant Division (STAD) pada siswa kelas VIIIb SMP Negeri 1 Suwawa. Dinyatakan meningkat dan dapat diterima.
Kata kunci : Keterampilan Passing Atas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievemant Division (STAD).
Download berkas