Penulis / NIM
ISMAIL R. LIHAWA / 831411086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan dasar melakukan passing atas pada siswa kelas VIII 7 SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Untuk memecahkan masalah tersebut digunakan model pembelajaran Direct Intruction dilakukan dengan cara guru menjelaskan, mempraktekan, memberikan latihan terbimbing mencek kemampuan siswa dan memberikan umpan balik,dan menyiapkan latihan untuk siswa dalam melakkan teknik dasar passing atas, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, akhir gerakan pada permainan bolavoli.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan dasar melakukan passing atas dengan menggunakan model pembelajaran Direct Intruction pada siswa kelas VIII 7 SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Hipotesis tindakan yakni "Jika Menggunakan Model pembelajaran Direct Intruction maka keterampilan dasar passing atas dalam permainan bolavoli pada siswa kelas VIII7 akan meningkat. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah apabila keterampilan siswa dalam hal pelaksanaan keterampilan dasar passing atas dalam permanan bolavoli minimal mencapai 75% dari keseluruhan siswa yang dikenai tindakan dengan kriteria penilaian 70-79 maka penelitian ini dinyatakan selesai dan berhasil. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap siklus kemudian data analisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan hasil passing atas yakni : pada observasi awal rata-rata kemampuan siswa dalam melakukan passing atas sebesar 51,13 setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan sebesar 63,46 dan pada tindakan siklus II diperoleh hasil capaian sebesar 83,45, melihat pencapaian yang diperoleh siswa pada siklus II maka penelitian ini dinyatakan berhasil. Jika model pembelajaran Direct Intruction dilakukan dalam penelitian ini maka keterampilan dasar melakukan passing atas meningkat.
Kata Kunci : Chest Pass, dan Metode Modeling
Abstract
The problem in this research is still low skills on the basis of doing passing class VIII SMP Negeri 7 8 Gorontalo. To solve the problem of the use of learning model Direct intruction done by the teacher explained, practiced, provide practice guided check students' abilities and provide feedback, and setting up training for students in melakkan basic techniques of passing on, the preparation phase, the implementation phase, the final movement of the game volleyball.
The purpose of this action research is to determine the increase in the basic skills do passing on using Direct learning model intruction in class VIII SMP Negeri 7 8 Gorontalo. Hypothesis action ie "If Using Direct learning model intruction the basic skills of passing on the volleyball game on VIII7 grade students will increase". The performance indicators in this study is that if the student's skills in terms of passing on the implementation of basic skills in volleyball permanan a minimum of 75% of the students subjected to the action with the 70-79 assessment criteria of this study was complete and successful. Data were collected using observation sheet activities of students and teachers, as well as the evaluation of the material taught in each cycle then analyzes the data both quantitatively and qualitatively. Based on data analysis known to an increase in the average ability of passing on the results: the average initial observations students' ability to do the passing on of 51.13 after the holding of the first cycle measures an increase of 63.46 and in the second cycle of results obtained achievements at 83.45, see the achievements of the students in the second cycle, this research is considered passed. If intruction Direct learning model performed in this study, the basic skills do the passing on increases.
Keywords : Chest Pass and Modeling Methods
Download berkas