SKRIPSI

Penulis / NIM
ASRI USMAN / 831411091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah Melalui Metode Demonstrasi Dapat Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Pasing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Siswa Kelas V SDN 7 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo ?. Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Pasing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas V SDN 7 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Hipotesis tindakan yakni, " jika guru menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran penjas maka keterampilan gerak dasar pasing bawah siswa kelas V SDN 7 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan. Dengan indikator kinerja 85% dari jumlah siswa yang telah memiliki kemampuan pasing bawah maka, penelitian ini dianggap selesai. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan, keterampilan gerak dasar pasing bawah melalui metode demonstrasi siawa kelas V SDN 7 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo dari observasi awal 56,92 pada siklus I menjadi 72,78 dan pada siklus II meningkat menjadi 86,24. Dengan hasil analisis tersbut maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya yaitu : "jika guru menerapkan metode demonstrasi, maka keterampilan gerak dasar pasing bawah siswa kelas V SDN 7 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo dapat meningkat. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi keterampilan gerak dasar pasing bawah dalam permainan bola voli siswa kelas V SDN 7 Telaga Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Keterampilan Gerak Dasar Pasing Bawah, Metode Demonstrasi. Abstract The problem in this research is "Is Through Demonstration Method Can Improve Basic Motion Skill Pasing Down In Student Volleyball Ball Class V SDN 7 Telaga District of Telaga Gorontalo Regency?". The purpose of this study is to Improve Basic Motion Skill Pasing Down in Ball Volleyball Through Methods of Class V Student Demonstration SDN 7 Telaga District Telaga Gorontalo District. The hypothesis of action is, "if teachers use demonstration methods in learning pemas then basic passing movement skills under grade V students SDN 7 Telaga District Telaga Gorontalo District can be improved. With a performance indicator of 85% of the number of students who already have lower passability then this research is considered complete. Based on the data analysis, it can be seen that there is an increase in basic movement skill pasing down through demonstration method of class V SDN 7 Telaga District of Telaga Gorontalo Regency from preliminary observation 56,92 in cycle I to 72,78 and in cycle II increased to 86,24. With the results of the analysis, the hypothesis of the action tested is true: "if the teacher applies the method of demonstration, the basic motion of pasing skills under grade V of SDN 7 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo can increase. So it can be concluded that through the method of demonstration of basic down motion skills in the game volleyball students grade V SDN 7 Telaga Gorontalo District can be improved. Keywords : Basic Movement of Lower Passage, Demonstration Method.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011