Penulis / NIM
WIKO FEBRIANTO LIMBANON / 831411109
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Wiko Febrianto Limbanon, Nim 831 411 109, 2016 ..."Meningkatkan Keterampilan Dasar Pukulan Backhand pada Permainan Tenis Meja Melalui Model Pembelajaran Example non example pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Kotamobagu. Program study S1 pendidikan keolahragaan Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, (pembimbing I Risna Podungge,S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Suriadi Datau,S.pd, M.pd).
Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah melalui model pembelajaran Example non Example dapat meningkatkan ketrampilan dasar pukulan backhand dalam permainan tenis meja pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Kotamobagu.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan dasar pukulan backhand dalam permainan tenis meja pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Kotamobagu menggunakan model pembelajaran Example non Example, adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Kotamobagu yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Example non Example. Dengan menggunakan model pembelajaran ini, maka keterampilan dasar pukulan backhand pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Kotamobgu dapat meningkat sehingga model pembelajaran Example non Example bisa dikembangkan di sekolah.
Berdasarkan observasi awal, ternyata kemampuan siswa kelas X SMK Negeri 1 Kotamobagu dalam keterampilan dasar pukulan backhand pada permainan tenis meja baru mencapai 45,83%, sehingga dilaksanakan tindakan siklus I. Setelah diberikan tindakan pada siklus I maka mengalami peningkatan sebesar 66,10% akan tetapi, pada siklus 1 belum juga mencapai indikator yang diharapkan yaitu 80% sehingga dilanjutkan ke siklus II. Dengan diberikan tindakan dan memperbaiki serta menyempurnakan kembali proses pembelajaran maka indikator yang diharapakan telah tercapai yakni meningkat hingga 81,63% sehingga penelitian ini dinyatakan tuntas.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Example non Example sangat tepat untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar khususnya keterampilan dasar pukulan backhand pada permainan tenis meja.
Kata kunci: keterampilan dasar pukulan backhand, model pembelajaran Example non Example.
Download berkas