SKRIPSI

Penulis / NIM
ROIS AHMAD / 831411124
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK ROIS AHMAD / 831 411 124 "Meningkatkan Keterampilan Pasing Dalam Permainan Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif (TIPE TGT) Siswa kelas VII SMP Negeri 8 Dulupi" Dosen Pembimbing 1 Risna Podungge S.Pd, M.Pd dan Dosen Pembimbing 2 ZulkifliA. Lamusu. S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah dalam melakukan pasing, rendahnya hasil belajar siswa pada materi permainan bola voli terutama pada materi pasing hingga mengakibatkan nilai mata pelajaran rendah. Tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah:"bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dasar pasing dalam permainan bola voli melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournaments pada siswa dikelas VII SMP Negeri 8 Dulupi." Adapun hipotesis tindakan yakni " jika penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments dilakukan pada pada penelitian ini maka siswa melakukan pasing pada permainan bola boli dapat ditingkatkan". Indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu: apabila keterampilan Pasing dalam permainan bola voli melalui model pembelajaran teams games tournaments siswa kelas VII SMP Negeri 8 Dulupi dapat ditingkatkan minimal 80% dari jumlah siswa, mencapai 70-79. Data pada penelitian ini merupakan suatu jenis teindakan kelas (PTK) yang dilakukan di sekolah SMP Negeri 8 Dulup, dengan jumlah siswa 25 orang 11 putra dan putri berjumlah 14 orang. Pengambilan data dapat dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi terhadap materi yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian dianalisis, berdasarkan analisis data dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan melakukan teknik pasing yakni : pada observasi awal rata-rata kemampuan dasar pasing sebesar 48.94%. Setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan 61.08% dan pada tindakan siklus II di perorel hasil pencapaian sebesar 81.74%, berada pada kategori baik sekali. Simpulan: berdasarkan penjelasan tersebut diatas jelas bahwa hasil penelitian initelah mencapai indikator yang diterapkan. Jadi hipotesis yang dinyatakan: "jika penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments dilakukan pada pada penelitian ini maka siswa melakukan pasing pada permainan bola boli dapat ditingkatkan." Dapat diterima. Kata Kunci: Teknik dasar pasing, Model Pembelajaran Teams Games Tournaments, Siswa SMP
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011