Penulis / NIM
ROIS AHMAD / 831411124
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK
ROIS AHMAD / 831 411 124 "Meningkatkan Keterampilan Pasing Dalam
Permainan Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif (TIPE TGT) Siswa
kelas VII SMP Negeri 8 Dulupi" Dosen Pembimbing 1 Risna Podungge S.Pd,
M.Pd dan Dosen Pembimbing 2 ZulkifliA. Lamusu. S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah dalam melakukan pasing, rendahnya
hasil belajar siswa pada materi permainan bola voli terutama pada materi pasing
hingga mengakibatkan nilai mata pelajaran rendah. Tujuan dalam penelitian
tindakan kelas ini adalah:"bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dasar
pasing dalam permainan bola voli melalui Model Pembelajaran Teams Games
Tournaments pada siswa dikelas VII SMP Negeri 8 Dulupi."
Adapun hipotesis tindakan yakni " jika penggunaan Model Pembelajaran
Teams Games Tournaments dilakukan pada pada penelitian ini maka siswa
melakukan pasing pada permainan bola boli dapat ditingkatkan".
Indikator kinerja
dalam penelitian ini yaitu: apabila keterampilan Pasing dalam permainan bola voli
melalui model pembelajaran teams games tournaments siswa kelas VII
SMP Negeri 8
Dulupi dapat ditingkatkan minimal 80% dari jumlah siswa, mencapai 70-79.
Data pada penelitian ini merupakan suatu jenis teindakan kelas (PTK)
yang dilakukan di sekolah SMP Negeri 8 Dulup, dengan jumlah siswa 25 orang
11 putra dan putri berjumlah 14 orang. Pengambilan data dapat dilakukan dengan
menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi
terhadap materi yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian dianalisis,
berdasarkan analisis data dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan
melakukan teknik pasing yakni : pada observasi awal rata-rata kemampuan dasar
pasing sebesar 48.94%. Setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan
61.08% dan pada tindakan siklus II di perorel hasil pencapaian sebesar 81.74%,
berada pada kategori baik sekali.
Simpulan: berdasarkan penjelasan tersebut diatas jelas bahwa hasil
penelitian initelah mencapai indikator yang diterapkan. Jadi hipotesis yang
dinyatakan: "jika penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments
dilakukan pada pada penelitian ini maka siswa melakukan pasing pada permainan
bola boli dapat ditingkatkan." Dapat diterima.
Kata Kunci: Teknik dasar pasing, Model Pembelajaran Teams Games
Tournaments, Siswa SMP
Download berkas