Penulis / NIM
FADLAN DUDEPO / 831411133
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pegaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap keterampilan passing bawah pada siswa kelas VII4 SMP 1 Pinogaluman. Hipotesis dalam penelitian ini yakni "Ada Pegaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap keterampilan passing bawah pada siswa kelas VII4 SMP 1 Pinogaluman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian eksperimen. Dengan desain terdiri atas 2 variabel penelitian yaitu Variabel X (model pembelajaran explicit instruction) dengan Variabel Y (keterampilan passing Bawah), dengan prosedur penelitian "Pre Test (X), Treatmen (T), dan Post Test (X). Populasi dalam penelitian adalah seluruh Siswa kelas VII4 SMP Negeri 1 Pinogaluman Selatan yang berjumlah 20 siswa. Adapun sampel dalam penelitian yang ditetapkan adalah keseluruhan dari populasi sebanyak 20 siswa Kelas VII4 SMP 1 Pinogaluman yang diambil secara Total Sampling. Uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah Uji t, dan Dari hasil pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukkan harga thitung sebesar 24.02. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga tdaftar atau t(0,995(19) = 2.86. Ternyata harga thitung telah berada di dalam daerah penerimaan HA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa HA diterima dan tidak dapat menerima Ho. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan keterampilan Passing bawah Siswa kelas VII4 SMP 1 Pinogaluman.
Kata Kunci : Model pembelajaran explicit instruction , keterampilan Passing bawah
Download berkas