Penulis / NIM
TAUFIK H. MONGILONG / 831411145
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK
Taufik H. Mongilong. 2018. Studi Komparasi Antara Model Pembelajaran Explicit Intruction dengan kooperatf tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Peningkatan Keterampilan Passing bawah Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhamadiyah 3 Gorontalo. Pembimbing 1 Risna podungge, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing 2 Miradayani Pauweni, S.Pd,MPd.
Penelitaian ini dilaksanakan pada SMP Muhamadiyah 3 Gorontalo khususnya siswa kelas VIII yang di teliti tentang keterampilan passing bawah dengan menggunakan Studi komparasi antara model pembelajaran ExplicitIntruction dengan kooperatf tipe Student Team Achievement Division penelitian ini bertujuan untuk melihat keterampilan siswa melakukan passing bawah, adapun sabjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan sampel sebanyak 20 siswa.
Berdasarkan hasil penilitian pre-test model pembelajaran Explicit Instruction menunjukan skor tertinggi 28 dan skor terendah 10, nilai rata-rata14,4, Standar Deviasi 5,36 dan Varians 28,71, sedangkan pada hasil post-test menunjukan skor tertinggi 33, skor terendah 12,nilai rata-rata 19,3, Standar Deviasi 6,68, Varians 44,68.Hasil penelitian pre-test tipe Student TeamAchievement Division (STAD) menunjukan skor tertinggi 28 dan skor terendah10, nilai rata-rata 15.5, Standar Deviasi 6,87,nilai Varians 47,16. Sedangkan hasil dari post-testmenunjukan skor tertinggi 33 dan skor terendah13, nilai rata-rata 50.27, Standar Deviasi 7,47, Varians 55,8. Sedangkanpengujian hasi pre-test dan post test menunjukan harga t hitung 3,282 sedangkan dari daftar distribusi di peroleh harga ttabel 2,101. Ternyata harga t hitung lebih besar dari t tabel. Dapat di simpulkan bahwa Studi Komparasi Antara Model PembelajaranExplicit InstuctionDengan Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap keterampilan Passing Bawah Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhamadiyah 3 Gorontalo.
KATA KUNCI: Studi Komparasi, Model Pembelajaran Explicit Instuction, Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division,Passing Bawah.
Download berkas