Penulis / NIM
MOHAMAD FAHRIYANTO TONGKONOO / 831411177
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
SYARIF HIDAYAT, S.Pd Kor M.Or / 0003047902
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Fahriyanto Tongkonoo / 831 411 177 Meningkatkan Keterampilan Service Bawah Pada Permainan Bolavoli Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Suwawa.
Penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan bolavoli service bawah melalui model pembelajaran explicit instruction di kelas VIII-B SMP Negeri 1 Suwawa. Berdasarkan latar belakang masalah, teridentifikasi masalah yang ada, kurangnya penguasaan keterampilan service bawah, dan melalui model pembelajaran explicit instruction, siswa dapat meningkatkan keterampilan service bawah pada bolavoli.
Pemecahan masalah, masalah rendahnya kemampuan service bawah pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Suwawa dapat diupayakan melalui model pembelajaran explicit instruction dengan langkah-langkah sebagai berikut : (1) Menyampaikan kompetensi/tujuan pembelajaran dan mempersiapkan siswa. (2) Mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan. (3) Membimbing pelatihan kepada siswa. (4) Mengecek pemahaman siswa dan memberikan umpan balik. (5) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk latihan lanjutan. (6) Kesimpulan. Tujuan Penelitian, Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah Meningkatkan Keterampilan Service Bawah Pada Permainan Bolavoli Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Suwawa.
Hipotesis tindakan yakni. Jika hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu melalui model pembelajaran Explicit Instruction maka kemampuan Service Bawah dalam permainan bolavoli siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Suwawa dapat meningkat. Adapun yang menjadi indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu, apabila peningkatan kemampuan Service Bawah yang dicapai oleh siswa dapat kriteria baik dan mencapai 80 % maka penelitian ini dinyatakan selesai.
Metode penelitian, adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Suwawa dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 7 orang perempuan
Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi/pengamatan kemudian dilanjutkan dengan siklus satu dan dua. Berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan siswa pada materi bolavoli Service Bawah: Pada observasi awal rata-rata kemampuan siswa pada materi bolavoli Service Bawah sebesar 49.99%. Setelah diadakan tindakan siklus satu terjadi peningkatan sebesar 66.42% dan pada tindakan siklus dua diperoleh hasil capaian sebesar 84.94%. Jika hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu melalui model pembelajaran Explicit Instruction maka kemampuan Service Bawah dalam permainan bolavoli siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Suwawa dapat meningkat" dapat diterima.
Kata kunci : Bolavoli Service Bawah dan model pembelajaran Explicit Instruction.
Download berkas