SKRIPSI

Penulis / NIM
SAEFUL DAUD / 831411182
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr ASRY SYAM, S.Pd, M.Pd / 0006067607
Abstrak
Abstrak Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah, Apakah melalui metode teams games tournaments dapat meningkatkan teknik dasar smash pada permainan bola voli siswa kelas XI SMK Negeri I Suwawa Kabupaten Bone Bolango, dengan demikan maka tujuan penelitian ini adalah secara umum tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan teknik dasar smash pada permainan bola voli melalui metode teams games tournaments siswa kelas XI SMK Negeri I Suwawa Kabupaten Bone Bolango, selanjutnya penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri I Suwawa Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 36 orang terdiri dari 20 orang putra dan 16 orang putri. Adapun indikator kinerja dalam penelitian ini adalah apabila kemampuan dalam menguasai teknik dasar smash pada siswa dikelas XI SMK Negeri I Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan minimal 75% dari jumlah keseluruhan siswa yang dikenai tindakan, maka penelitian ini dinyatakan selesai dan berhasil Berdasarkan deskripsi hasil penelitian diketahui data awal siswa dari ke empat aspek yang diamati diperoleh hasil 52,81% masuk dalam kategori kurang hasil ini membuktikan bahwa ketuntasan belajar siswa mengenai teknik dasar smash belum sesuai dengan harapan yakni indikator 75%, dari hasil tersebut dilakukan penelitian pada siklus I dikenai tindakan sebanyak tiga kali dan satu kali evaluasi, berdasarkan tindakan siklus I diperoleh hasil sebesar 60,90% masuk pada kategori cukup. Hasil ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan dari hasil observasi ke siklus I sebesar 8,09% meskipun demikian namun hasil ini belum mencapai indikator, sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus ini terjadi peningkatan yang signifikan hingga mencapai 75,64% melibihi indikator 75% Hasil ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan dari hasil siklus I ke siklus II sebesar 14,74%. Selanjutnya melihat capaian pada siklus II telah mencapai indikator maka dapat disimpulkan bahwa metode teams games tournaments ini telah menuai keberhasilan yang signifikan, dengan demikian hipotesis penelitian tindakan kelas ini dinyatakan: melalui metode teams games tournaments dapat meningkatkan teknik dasar siswa kelas XI SMK Negeri I Suwawa Kabupaten Bone Bolango dalam melakukan smash dan dapat diterima. Kata Kunci : teknik dasar smash, Metode teams games tournaments
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011