Penulis / NIM
DARWIN TUMEWU / 831411186
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
ABSTRAK
Darwin Tumewu / 831 411 186 "Metode Discovery Learning Dalam Meningkatkan teknik dasar Block Pada Permainan Bola Voli SMP Negeri 1 Tapa.
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan block pada permainan bola voli siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapa dengan jumlah siswa 20 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 5 orang perempuan.
Untuk memecahkan masalah tersebut digunakan metode Discovery Learning di lakukan dengan cara guru menjelaskan, mempraktekan, dan mengatur siswa kedalam kelompok untuk berkerja sama atau saling membantu mempelajari cara melakukan teknik dasar block pada permainan bola voli yang terdiri dari sikap awal, pelaksanaan, sikap akhir dan memberikan tespraktek. Kemudian penghargaan kelompok untuk masing-masing kelompok.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan teknik dasar block dalam permainan bola voli melalui metode Discovery Learning pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapa. Hipotesis tindakan yakni jika digunakan metode Discovery Learning maka teknik dasar block dalam permainan bola voli siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapa akan mengalami peningkatan. Indikator kinerja apabila seluruh siswa yang menjadi subjek penelitian dikelas VII SMP Negeri 1 Tapa dalam melakukan teknik dasar block pada permainan bola voli sudah meningkat minimal 80% maka penelitian ini dinyatakan selesai.
Pengambilan data di lakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian data analisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata-rata keterampilan siswa dalam melakukan block pada permainan bola voli yakni; pada observasi awal rata-rata keterampilan siswa dalam teknik dasar block sebesar 52.78%. setelah di adakan tindakan siklus satu terjadi peningkatan sebesar 17.43% menjadi 70.21% dan pada tindakan siklus dua diperoleh hasil capaian sebesar 81.04% atau terjadi peningkatan sebesar 10.83% dengan demikian rata-rata peningkatan dari obserfasi awal sampai pada siklus dua sebesar 28.26% jadi hipotesis yang berbunyi jika menggunakan metode Discovery Learning maka teknik dasar block dalam permainan bola voli pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapa akan meningkat dapat diterima.
Jika metode Discovery Learning di lakukan dalam penelitian ini maka teknik dasar block pada permainan bola voli dapat meningkat.
Kata Kunci : Bola Voli, teknik dasar Block, dan metode Discovery Learning.
Download berkas