Penulis / NIM
SELVI SAMIDEN / 831411198
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Pembimbing 2 / NIDN
Dr MEYKE PARENGKUAN, M.Pd / 0003047906
Abstrak
ABSTRAK
SELVI SAMIDEN/831411198 âMeningkatkan Kemampuan Pasing Atas Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi Pada Siswa Kelas VIII6 SMPN 1 Tapa â Dosen Pembimbing I Dr. Meyke Parengkuan, M.Pd dan dosen pembimbing II Suriyadi Datau S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran penjasorkes khususnya pada materi bola voli Siswa tidak memahami bentuk teknik dasar dalam permainan bola voli, dan para siswa juga belum menguasai dengan tepat salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli khususnya dalam teknik dasar passing atas. Tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah : untuk meningkatkan kemampuan teknik dasar passing atas yang diberikan pada sekolah menengah secara khusus untuk meningkatkan hasil belajar passing atas siswa kelas VIII6 SMPN 1 Tapa, Kab. Bonebolango.â.Hipotesis tindakan yakni â:Jika guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigasi, maka kemampuan siswa dalam melakukan teknik dasar pasing atas pada permainan bola voli, siswa kelas VIII6 SMPN 1 TAPA akan meningkatâ.Indikator kinerja. apabila kemampuan siswa dalam melakukan pasing atas melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigasi pada siswa kelas VIII6 SMPN 1 Tapa ditingkatkan minimal 80% maka penelitian dinyatakan selesai.Dengan Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII6 SMP Negeri 1 Tapa dengan jumlah siswa 21 orang, putri berjumlah 9 orang dan putra berjumlah 12 orang. Pengambilan data dapat dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi terhadap materi yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian dianalisis baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif, berdasarkan analisis data diletahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan passing atas yakni: pada observasi awal rata-rata kemampuan keterampilan dasar passing atas sebesar 54.41. Setelah diadakan tindakan kesiklus I terjadi peningkatan sebesar 12.06 sehingga hasil pada siklus I diperoleh nilai Sebesar 66.47 dan pada tindakan siklus II terjadi peningkatan sebesar 14.94 maka diperoleh hasil capaian pada siklus II sebesar 81.41, Hal tersebut telah mencapai indikator capaian yang ditentukan, jadi hipotesis yang dinyatakan: âJika guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigasi, maka hasil belajar siswa dalam melakukan teknik dasar pasing atas pada permainan bola voli, siswa kelas VIII6 SMPN 1 TAPA akan meningkatâ dapat diterima.
Kata Kunci: Keterampilan Dasar Passing Atas metode, Group Investigasi Siswa SMP.
Download berkas