SKRIPSI

Penulis / NIM
TAUFIK KADIR / 831411200
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
INTISARI TAUFIK KADIR. Nim 831411200. Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan BolaVoli Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Siswa Kelas XI MIA2 SMA N 1 Kabila. Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya pemahaman siswa dalam mengikuti pembelajaran penjaskes tentang materi Passing Bawah pada permainan bolavoli, kurangnya fasilitas yang disediakan oleh sekolah, dan kurang tepatnya model yang digunakan oleh guru penjaskes untuk proses pembelajaran. Untuk memecahkan masalah tersebut digunakan model pembelajaran explicit instruction dilakukan dengan cara menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan, membimbing pelatiahan, dan mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan Passing Bawah dalam permainan bolavoli pada siswa kelas X1 MIA2 SMA Negeri 1 Kabila. Hipotesis tindakan yakni "jika menggunakan model pembelajaran explicit instruction maka keterampilan Passing Bawah pada siswa kelas X1 MIA2 SMA Negeri 1 Kabila dapat ditingkatkan. Indikator dalam penelitian ini adalah apabila keterampilan melakukan Passing Bawah melalui model pembelajaran explicit instruction pada siswa yang menjadi objek dapat ditingkatkan minimal 80%, maka penelitian tindakan kelas dianggap berhasil. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap siklus kemudian data analisis baik secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data terjadi peningkatan rata-rata hasil keterampilan Passing Bawah, yakni: pada observasi awal di peroleh nilai rata-rata 41,96%, pada siklus I di peroleh nilai rata-rata 54,21%, kemudian pada pelaksanaan siklus II diperoleh nilai rata-rata 63,31%, dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 78,83%. Maka penelitian ini dinyatakan berhasil. Jika model pembelajaran explicit instruction dilakukan dalam penelitian ini maka keterampilan Passing Bawah meningkat. Kata Kunci: Passing Bawah, Model Pembelajaran Explicit Instruction
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011