Penulis / NIM
DEDEN RADJIMAN / 831411210
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK
DEDEN RADJIMAN, Nim. 831 411 210 âUpaya peningkatkan hasil belajar guling depan melalui model pembelajaran Explicit Intruction pada siswa Kelas XIIID SMP Negeri 7 Gorontaloâ
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan siswa dalam pembelajaran guling depan, dalam pelaksanaannya siswa lebih cenderung miring saat melakukan gulingan, beberapa siswa takut, malu, dan ragu saat melakukan guling depan Cara pemecahannya dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Intruction dalam proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah : untuk meningkatkan hasil belajar guling depan melalui model pembelajaran Explicit Intruction pada siswa Kelas XIIID SMP Negeri 7 Gorontaloâ
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Intruction, yang dilaksanakan di Kelas XIIID SMP Negeri 7 Gorontalo tahun pelajaran 2015.
Hasil penelitian terjadi peningkatan dengan persentase 80,11% melebihi indikator kinerja yang ditentukan 75% setelah dilakukan tindakan dalam dua siklus dari jumlah keseluruhan 20 siswa yang dikenai tindakan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa dalam melakukan guling depan meningkat setelah diberi tindakan dan mencapai hasil sesuai dengan apa yang diharapkan yakni rata-rata nilai 58,09% pada Observasi awal, Siklus I meningkat sebesar 13,48% menjadi 71,57%, dan Siklus II meningkat sebesar â" 8,54% menjadi 80,11%. Dengan demikian maka penelitian dianggap selesai.
Kata kunci : Hasil belajar guling depan, Explicit Intruction.
Download berkas