Penulis / NIM
RONY AMRAIN AKASE / 831411225
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
RONY AMRAIN AKASE, Nim. 831411225 (Skripsi 2015) "MENINGKATKAN TEKNIK DASAR LEMPAR CAKRAM MELALUI METODE EXPLICIT INSTRUCTION DI KELAS V SDN 16 BONGOMEME". Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi di Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Ha. Aisah R. Pomatahu, Dra, M.Kes, dan Pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya persediaan alat atau media yang digunakan, pembelajaran lempar cakram sangat monoton dikarenakan metode yang masih belum tepat, rendahnya keinginan siswa untuk mengikuti pembelajaran, siswa masih belum menguasai teknik dasar lempar cakram dengan baik dan benar, serta belum optimalnya proses pembelajaran lempar cakram. Tujuan dalam penelitian yaitu untuk untuk meningkatkan teknik dasar lempar cakram melalui metode explicit instruction pada siswa kelas V SDN 16 Bongomeme. Metode yang diterapkan yaitu metode explicit instruction
Berdasarkan hasil penamatan dari data awal atau observasi awal yakni 57,9, siklus I 70,05, dan siklus II 81,33. Penelitian ini mengalami peningkatan, dan bahkan melebihi indikator kinerja yang sudah di tetapkan, yaitu sebesar 80%. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa pembelajaran penjaskes khususnya materi lempar cakram pada cabang olahraga atletik dengan menggunakan metode Explicit Instruction dapat meningkatkan kemampuan dalam melakukan lempar cakram pada cabang olahraga atletik siswa kelas V SDN 16 Bongomeme. Dengan demikian hipotesis dapat di terima dan penelitian ini di anggap berhasil dan tidak di lanjutkan ke siklus berikut.
Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa dengan penerapan metode Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada cabang olahraga atletik siswa kelas V SDN 16 Bongomeme, dengan hasil tersebut maka penelitian ini di nyatakan tuntas dan hipotesis dapat di terima.
Kata Kunci : Lempar Cakram, Atletik, Metode Explicit Instruction.
Download berkas