Penulis / NIM
ELI HUNOU / 831411242
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK
Eli Hunou, (2013): Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Sikap Lilin melalui metode bagian Siswa Kelas V SDN 12 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I. Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II. Zulkifli A. Lamusu, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode bagian gerak dasar sikap lilin siswa Kelas V SDN 12 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar sikap lilin pada Siswa Kelas V SDN 12 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango melalui metode bagian.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi, subyek dalam penelitian adalah siswa Kelas V SDN 12 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 6 siswa putra dan 14 siswa putri dengan tingkat keterampilan gerak dasar sikap lilin pada senam ketangkasan yang berbeda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan gerak dasar siswa dalam melakukan gerak dasar sikap lilin untuk siklus pertama mencapai 71,9%, kemudian pada siklus ke dua meningkat menjadi 81,1%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan gerak dasar siswa Kelas V SDN 12 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran bagian.
Kata kunci: Kemampuan Gerak Dasar, Metode bagian
Download berkas