ABSTRAKRatna Laya. Nim 831 411 243 Meningkatkan Hasil Belajar Bola Basket Pada Materi Chest Pass Melalui Metode Bermain Siswa Kelas V SDN 10 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi S1-Penjaskes, Jurusan Pendidikan Guru Olahraga, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Ruslan, S.Pd, M.Pd Pembimbing II Suriyadi Datau,S.Pd, M.Pd.Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah melalui metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar bola basket pada materi chest pass siswa kelas V SDN 10 Kabila Kabupaten Bone Bolango?. dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode bermain dikelas V SDN 10 Kabila. Adapun Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 25 siswa kelas V SDN 10 Kabila. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis presentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan dua siklus ini indikator kinerja yang telah dirumuskan tercapai dengan baik.Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil pembelajaran rol depan melalui metode bagian dengan perolehan hasil belajar observasi awal 49,31%. Pada siklus I mengalami peningkatan hasil belajar 75,81%, kemudian peneliti melanjutkan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 89,75%. Maka penelitian dinyatakan selesai.Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam permainan bola basket materi chest pass. Terbukti dari siklus ke siklus kemampuan siswa telah mengalami peningkatan.Kata Kunci: Hasil Belajar, Chest Pass