SKRIPSI

Penulis / NIM
ROSNA POMALANGO / 831411246
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak

ABSTRAKROSNA POMALANGO, Nim. 831411256 (Skripsi 2014) “Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Lari Jarak Pendek Melalui Metode Modeling Pada Siswa Kelas V SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango”. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi di Jurusan Pendidikan Keolahragan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Hj Aisah R. Pomatahu, Dra. M.Kes, Pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd.Masalah yang ditemukan dalam penelitian pada cabang olahraga senam di SDN 13 Kabila yakni apakah metode modeling dapat meningkatkanketerampilan gerak dasar lari jarak pendek pada siswa kelas V SDN 13 Kabila? Metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan tersebut yaitu metode modeling. Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk melihat sejauhmana penerapan gerak dasar lari jarak pendek dengan menggunakan metode modeling pada siswa kelas V SDN 13 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 13 Kabila pada siswa kelas V berjumlah 20 orang siswa. Data penelitian diambil dengan menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa, serta evaluasi terhadap materi yang diterapkan pada setiap siklus. Selanjutnya data dikaji secara seksama berdasarkan analisis data yang diketahui bahwa menggunakan metode modeling dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar lari jarak pendeksiswa kelas V di SDN 13 Kabila, hasil penelitian tindakan kelas ini adalah metode modeling meningkatkan keterampilan gerak dasar lari jarak pendekpada siswa kelas V di SDN 13 Kabila. Penelitian ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil kemampuan siswa dari awal 53,35%, kemudian dimulai pada siklus I mencapai 67,35%, pada saat dilakukan siklus II meningkat hingga 77,05%. Jadi, hipotesis yang berbunyi “Jika metode modeling digunakan pada pembelajaran lari jarak pendek, maka penguasaan gerak dasar lari jarak pendek meningkat”. Maka dapat disimpulkan bahwa metode modeling dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar lari jarak pendek, dan dengan menerapkan metode modeling juga memberikan dampak yang nyata / signifikan terhadap keterampilan gerak dasar lari jarak pendek pada siswa kelas V di SDN 13 Kabila.Kata Kunci :    Gerak Dasar Lari Jarak Pendek, Metode Modeling.

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011