SKRIPSI

Penulis / NIM
MANSUR ZAKARIA / 831411248
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak

ABSTRAKMansur Zakaria, Nim 831 411 248. Meningkatkan Keterampilan Dasar Memukul Bola Dalam Permainan Kasti Melalui Metode Berpasangan Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango Prov. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo.Masalah dalam penelitian ini adalah “kurangnya keterampilan dasar memukul bola dalam permainan kasti. Solusi yang akan ditempuh untuk menanggulangi permasalahan tersebut yaitu melaksanakan pembelajaran melalui metode berpasangan. Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan dasar memukul bola dalam permainan kasti. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi siswa terkait dengan peningkatan hasil belajar, guru terkait dengan peningkatan mutu pendidikan, dan penelitian terkait dengan pengalaman dalam melaksanakan penelitian ilmiah ini.    Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar memukul bola dalam permainan kasti. Peningkatan keterampilan siswa memukul bola dalam permainan kasti dikatakan meningkat jika presentase rata-rata jumlah siswa yang sudah mampu melakukan keterampilan dasar memukul bola dalam permainan kasti dapat di tingkatkan minimal 75 %.Data diambil dengan menggunakan lembaran pengamatan kegiatan guru dan siswa, serta evaluasi terhadap materi yang diajarkan pada setiap siklus. Berdasarkan analisis data maka diketahui bahwa penggunaan metode berpasangan dapat meningkatkan keterampilan siswa memukul bola dengan tepat,dari observasi awal 63,08 % menjadi 69,83 % pada siklus satu.    Kesimpulan yang ditarik dari hasil penelitian adalah metode berpasangan mempunyai pengaruh positif terhadap keterampilan dasar memukul bola dalam permainan kasti,pengaruh ini dapat dilihat peningkatan hasil penguasaan siswa dari observasi awal 63,08 %. Siklus I 69,83 %. Meningkat menjadi 76,18 % pada siklus II.    Dalam melaksanakan tugas sebagai guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan hendaknya dapat memotivasi siswa agar lebih kreatif dan mengembangkan kemampuannya, khususnya permainan kasti.Kata kunci :-    Keterampilan dasar memukul bola, metode berpasangan

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011