SKRIPSI

Penulis / NIM
ESTA AHMAD DAMA / 831411249
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Pembimbing 2 / NIDN
EDY DHARMA PUTRA DUHE, S.Pd M.Pd / 0015068103
Abstrak
ABSTRAK Esta Ahmad Dama. NIM. 831411249, Meningkatkan Kemampuan Dasar Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Melalui Strategi Pembelajaran Metode Jigsaw. Di bawah Bimbingan Edy P. Duhe dan Ruslan. Tujuan penelitian memperbaiki kualitas proses dan hasil pembelajaran Permainan Bolavoli, terutama yang berkaitan dengan keterampilan teknik dasar pasing bawah. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Kabila selama 4 minggu dengan subjek siswa kelas VI SDN 1 Kabila sebanyak 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang diawali dengan observasi awal. Semua aspek yang menjadi indikator dari kemampuan melakukan passing bawah dilakukan melalui proses pembelajaran dengan menggunakan metode jigsaw. Alat pengumpulan data yang telah dipersiapkan yaitu :Lembar observasi tentang kegiatan pembelajaran, Lembar observasi tentang kemampuan melakukan passing bawah, Bukti fisik berupa daftar hadir, dokumentasi visual diri dan seluruh proses kegiatan. Untuk dapat mengetahui atau mengukur hasil pembelajaran yang telah diberikan, maka diberikan penilaian standar dengan menggunakan penilaian dengan interval 0-100 yang dirinci sebagai berikut : nilai 85-100 Sangat Mampu (SM), nilai 75-84 Mampu (M), nilai 60-74 Cukup (C), Nilai 40-59 Kurang (K), nilai 0-39 Sangat Kurang (SK). Penilaian siswa mampu diperoleh dari siswa yang dapat memperagakan teknik passing bawah.Penilaian dikatakan berhasil apabila 75% siswa yang menjadi subjek penelitian ini telah memiliki kemampuan melakukan teknik passing bawah. Hasil analisis tersebut digunakan untuk merencanakan tindakan pada siklus berikutnya apabila capaiannya masih di bawah 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan data observasi awal Nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari ketiga aspek penilaian yaitu 45,75 yang berada dalam kategori kurang mampu. Hasil penelitian siklus I Nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari ketiga aspek penilaian yaitu 66,27 yang berada dalam kategori Cukup. Hasil penelitian siklus II Nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari ketiga aspek penilaian yaitu 77,60 yang berada dalam kategori Mampu. Model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat menciptakan kondisi belajar yang aktif, kerjasama, dan suasana yang bebas dan menyenangkan dalam pembelajaran penjasorkes di kelas VI SDN I Kabila. Penerapan model pembelajaran ini juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN I Kabila, baik pada aspek keterampilan teknik dasar passing bawah. Kata Kunci : Metode jigsaw, Passing Bawah, Bola Voli.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011