SKRIPSI

Penulis / NIM
ROSWATI TANGAHU / 831411252
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak

ABSTRAKROSWATI TANGAHU, Nim. 831411252 (Skripsi 2014) “Meningkatkan Hasil Belajar Melempar Tangkap Pada Permainan Rounders Melalui Metode Berpasangan Siswa Kelas V SDN 3 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango”. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi di Jurusan Pendidikan Keolahragan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Risna Podungge, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Mirdayani Pauweni, S.Pd, M.Pd.Masalah yang ditemukan dalam penelitian pada cabang olahraga atletik di SDN 3 Kabila Bone yakni Apakahmetode berpasangan dapat meningkat hasil belajar melempar tangkap pada permainan rounders siswa Kelas V SDN 3 Kabila Bone?.metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan tersebut yaitu metode bagian. Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melempar tangkap pada permainan rounders melalui metode berpasangan siswa kelas V SDN 3 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 3 Kabila Bone pada siswa kelas V berjumlah 30 orang siswa. Data penelitian diambil dengan menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa, serta evaluasi terhadap materi yang diterapkan pada setiap siklus. Selanjutnya data dikaji secara seksama berdasarkan analisis data yang diketahui bahwa menggunakan metode berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar melempar tangkapsiswa Kelas V SDN 3 Kabila Bone, hasil penelitian tindakan kelas ini adalah metode berpasangan meningkatkan hasil belajar melempar tangkappada siswa kelas V SDN 3 Kabila Bone. Penelitian ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil kemampuan siswa dari awal 52%, kemudian dimulai pada siklus I mencapai 70%, pada saat dilakukan siklus II meningkat hingga 79,86%. Jadi, hipotesis yang berbunyi “Jika metode berpasangan diterapkan maka keterampilan gerak dasar lempar tangkap pada permainan roundres akan meningkat”. Maka dapat disimpulkan bahwa metode berpasangan dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar lempar tangkap, dan dengan menerapkan metode berpasangan juga memberikan dampak yang nyata / signifikan terhadap keterampilan gerak dasar lempar tangkap pada siswa kelas V SDN 3 Kabila Bone.Kata Kunci :    Keterampilan Gerak Dasar Lempar Tangkap, Permainan Rounders, Metode Berpasangan.

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011