ABSTRAKRukmin Arimas, Nim. 831411254 (Skripsi 2014) “Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Sikap Lilin Melalui Metode Bagian Pada Siswa Kelas V SDN 3 Tilongkabila Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango”. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi di Jurusan Pendidikan Keolahragan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Hj Aisah R. Pomatahu, Dra. M.Kes, Pembimbing II Ruslan, S.Pd, M.Pd.Masalah yang ditemukan dalam penelitian pada cabang olahraga senam di SDN 3 Tilongkabila yakni apakah melalui penggunaan metode bagian keterampilan gerak dasar sikap lilin siswa kelas v sdn 3 tilongkabila kecamatan tilongkabila kabupaten bone bolango dapat ditingkatkan?.metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan tersebut yaitu metode bagian. Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar sikap lilin di sekolah dasar melalui metode bagian.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 3 Tilongkabila pada siswa kelas V berjumlah 20 orang siswa. Data penelitian diambil dengan menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa, serta evaluasi terhadap materi yang diterapkan pada setiap siklus. Selanjutnya data dikaji secara seksama berdasarkan analisis data yang diketahui bahwa menggunakan metode bagian dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar sikap lilinsiswa kelas V di SDN 3 Tilongkabila, hasil penelitian tindakan kelas ini adalah metode bagian meningkatkan keterampilan gerak dasar sikap lilinpada siswa kelas V di SDN 3 Tilongkabila. Penelitian ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil kemampuan siswa dari awal 67,77%, kemudian dimulai pada siklus I mencapai 72,69%, pada saat dilakukan siklus II meningkat hingga 79%. Jadi, hipotesis yang berbunyi “melalui penggunaan metode pembelajaran bagian maka keterampilan gerak dasar sikap lilin pada senam ketangkasan siswa kelas V SDN 3 Tilongkabila Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolangodapat ditingkatkan”. Maka dapat disimpulkan bahwa metode bagian dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar sikap lilin, dan dengan menerapkan metode bagian juga memberikan dampak yang nyata / signifikan terhadap keterampilan gerak dasar sikap lilin pada siswa kelas V di SDN 3 Tilongkabila.Kata Kunci : Keterampilan Gerak Dasar Sikap Lilin, Cabang Olahraga Senam, Metode Bagian