SKRIPSI

Penulis / NIM
KARNAIN ANDRIS TANGAHU / 831411255
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak

ABSTRAKKarnain Andris Tangahu. Nim 831 411 255 Meningkatkan Hasil Belajar SiswaPada Materi Rol Depan Melalui Metode Bagian Di Kelas V SDN 3 Bone Pantai Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1-Penjaskes, Jurusan Pendidikan Guru Olahraga, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr.Hj.Aisah R Pomatahu,Dra.M.Kes Pembimbing  II Suriyadi Datau,S.Pd, M.Pd.Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan Metode Bagian Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 3 Bone Pantai Kecamatan Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango dalam melakukan materi rol depan. dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode bagian dikelas V SDN 3 Bone Pantai. Adapun Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 25 siswa kelas V SDN 3 Bone Pantai. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis presentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan dua siklus  ini indikator kinerja  yang telah dirumuskan tercapai dengan baik.Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil pembelajaran rol depan melalui metode bagian dengan perolehan hasil belajar observasi awal 49,75%. Pada siklus I mengalami peningkatan hasil belajar 73,24%, kemudian peneliti melanjutkan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 78%. Maka penelitian dinyatakan selesai.Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bagian, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam melakukan rol depan. Terbukti dari siklus ke siklus kemampuan siswa telah mengalami peningkatan.Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Bagian

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011