Penulis / NIM
KASMIN BAPINO / 831411265
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
UCOK HASIAN REFIATER, S.Pd M.Pd / 0020117703
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
ABSTRAK
Kasmin Bapino, “ Meningkatkan Kemampuan Pengoporan Tongkat Estafet Non Visual Melalui Strategi Kelompok Pada Siswa Kelas V SDN 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango”.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendah Pengoporan Tongkat Estafet pada Siswa kelas V di SDN 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango akan dipecahkan dengan menggunakan strategi kelompok.
Tujuan dari Penelitian tindakan kelas ini yakni untuk Meningkatkan Kemampuan Pengoporan Tongkat Estafet Melalui Strategi Kelompok Pada Siswa Kelas V SDN 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Hipotesis tindakan yang diuji yaitu “Jika Guru menggunakan strategi pembelajaran kelompok, maka Kemampuan Pengoporan Tongkat Estafet Non Visual Siswa Kelas V SDN 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan”. Indikator Kinerja keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika 80%.
Sesuai analisa data yang dilakukan peneliti diperoleh hasil sebagai berikut : Observasi awal 53,95, pada siklus 1 meningkat menjadi 76,65, dan pada Siklus II meningkat menjadi 80,90, Siswa setelah memperoleh pembelajaran teknik dasar pengoporan tongkat non visual dengan strategi kelompok, kemampuannya dalam melakukan 3 (tiga) gerakan teknik dasar pengoporan tongkat estafet non visual mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hasil akhir dari tindakan kelas yang dilakukan pada siklus II, ternyata kemampuan siswa meningkat menjadi 80,90. Pembelajaran dengan menggunakan strategi kelompok memungkinkan guru mengelola pembelajaran teknik dasar pengoporan tongkat estafet non visual lebih efektif, pemeblajaran lebih focus, motivasi siswa belajar meningkat, keterlibatan siswa secara emosional dan intelektual terbina.
Download berkas