SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHMAD BOUTI / 831412003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK Rahmad Bouti, 831412003.âMeningkatkan Keterampilan Gerak DasarDribble Pada Permainan Bola Basket Melalui Metode Drill Terhadap Siswa Kelas V SDN 81 Kota Tengah.â Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dan Rekreasi.Fakultas Olahraga dan Kesehatan. (Pembimbing I Drs. Sarjan Mile, Ms, dan Pembimbing II Ruslan S.Pd, M.Pd). Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan metode Drill siswa dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar Dribblepada permainan bola basket terhadap siswa kelas V SD 81 Kota Tengah ?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan gerakan dasardribble dengan menggunakan metode Drill pada siswa kelas V SDN81 Kota Tengah Kota Gorontalo. Hipotesis tindakan yakni jika guru menggunakan metode Drill, maka kemampuan siswa dalam melakukan gerakan dasar Dribble dapat ditingkatkan. Indikator kinerja â(KKM) 70 %, jika presentase siswa 70 % hingga 79% dari jumlah siswa kelas VSDN 81Kota Tengah Kota Gorontalo sudah menunujukkan hasil belajar dalam melakukan teknik dasar dribble pada cabang olahraga bola basket ini dengan kategori baik (75-79), maka penelitian ini dinyatakan selesaiâ. Penelitian tindakan kelas ini meliputi perencanaan,pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi,serta analisis dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan pada tahap pemantauan dan evaluasi dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan lembar kegiatan guru. Kemudian data dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam melakukan teknik dasar dribble dengan menggunakan metode drillt pada siswa kelas V SDN 81Kota Tengah Kota Gorontalo,dari observasi awal 38.58%, pada siklus pertama terjadi peningkatan yaitu 64.25%,dan pada siklus kedua peningkatannya mencapai 78.07%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode drill kemampuan siswa dalam melakukan gerak dasar dribble pada siswa kelas V SDN 81 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat ditingkatkan. Dengan hasil analisis data tersebut maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya yaitu : menggunakan metode drill maka kemampuan siswa dalam melakukan gerak dasar dribble pada siswa kelas V SDN81 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat diterima dan dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Gerak dasar dribble, permainan bola basket, metode drill
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011