Penulis / NIM
RENALDI / 831412004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK
RENALDI, Nim. 831 412 004 ..."Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Intruction Terhadap Hasil Belajar Long Pass pada Siswa Kelas X Multi media SMK Negeri 1 Limboto. Program studi S1 Pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi, jurusan pendidikan keolahragaan, fakultas olahraga dan kesehatan Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Bapak Drs. Ahmad Lamusu, M.Pd dan Bapak Zulkifly Lamusu S.Pd, M.Pd.
Penelitian dilangsungkan di SMK Negeri 1 Limboto, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran explicit intruction terhadap hasil belajar Long pass pada siswa kelas X Multi-Media SMK Negeri 1 Limboto. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan. Obyek penelitian kelas X Multi Media jumlah siswa 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian pre-test menunjukkan skor tertinggi 28.2 dan skor yang terendah 13.2. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 23.49 dan nilai standar deviasi 3.28 dan varians 10.78. Sedangkan pada hasil penelitian post-test menunjukkan skor tertinggi 29.4 dan skor terendah 20.7. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 25.45 dan standar deviasi 2.27 serta varians 5.16. Sedangkan hasil pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukkan harga thitung sebesar 3.06. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga tdaftar atau t(0,995(19) = 2.86. Ternyata harga thitung telah berada di dalam daerah penerimaan HA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa HA diterima dan tidak dapat menerima Ho. Jadi dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran explicit intruction dapat meningkatkan Hasil Belajar long pass pada permainan Sepak Bola.
Download berkas