Penulis / NIM
REFLY S. GOBEL / 831412008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK
Refly S. Gobel, Nim. 831 412 008. Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Intruction Terhadap Hasil Belajar Roll Depan pada Siswa Kelas VIII3 SMP Negeri 1 Telaga. Pembimbing I Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Zulkifli Lamusu, S.Pd, M.Pd, 2016
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran explicit intruction dapat mempengaruhi hasil belajar roll depan pada siswa kelas VIII3 SMP Negeri 1 Telaga ?, tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar roll depan pada siswa kelas VIII3 SMP Negeri 1 Gorontalo. Hasil penelitian ini bermanfaat sebagai bahan masukan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga khususnya materi roll depan. Hipotesis penelitian yang digunakan yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran explicit intruction terhadap hasil belajar roll depan pada siswa kelas VIII3 SMP Negeri 1 Gorontalo.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Gorontalo yang berjumlah 254 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Simple Random Sampling, di mana jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 52 siswa yang terdiri 26 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini meliputi 2 variabel yaitu : Variabel bebas adalah Model pembelajaran explicit intruction dan variable terikat adalah hasil belajar roll depan. Metode pengumpulan data yaitu metode eksperimen.
Hasil roll depan yang menggunakan model pembelajaran explicit intruction (kelas eksperimen) lebih tinggi dari hasil belajar roll depan yang tidak menggunakan model pembelajaran (kelas kontrol). Hal ini dibuktikan dengan perbandingan skor rata-rata hasil belajar siswa yang tidak diberi model pembelajaran. Di mana hasil belajar siswa di kelas yang mengguanakan model pembelajaran explicit intruction mencapai skor rata-rata 100 dan 77.78 adalah skor rata-rata untuk kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran. Hasil uji T hipotesis penelitian bahwa Thitung> Ttabel, yaitu Thitung = 3.79 > Ttabel = 1.6759. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang yang menggunakan model pembelajaran explicit intruction. Sehingga dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi "terdapat pengaruh model pembelajaran explicit intruction terhadap hasil belajar roll depan pada siswa kelas VIII3 SMP Negeri 1 Telaga dapat diterima.
Kata Kunci : Roll depan, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Explicit Intruction
Download berkas