ABSTRAKMartha Kai. Nim 831 412 010 Meningkatkan Keterampilan Teknik Dasar Rol Depan Melalui Metode Gerobak Dorong Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Limboto Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1-Penjaskes, Jurusan Pendidikan Guru Olahraga, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Ruslan, S.Pd, M.Pd Pembimbing II Suriyadi Datau,S.Pd, M.Pd.Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah Melalui Penggunaan Metode Gerobak Dorong Keterampilan Teknik Dasar Rol Depan Siswa Kelas IV SDN 4 Limboto dapat ditingkatkan. dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode gerobak dorong dikelas IV SDN 4 Limboto. Adapun Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 21 siswa kelas IV SDN 4 Limboto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis presentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan dua siklus ini indikator kinerja yang telah dirumuskan tercapai dengan baik.Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil pembelajaran rol depan melalui metode bagian dengan perolehan hasil belajar observasi awal 50,09%. Pada siklus I mengalami peningkatan hasil belajar 72,82%, kemudian peneliti melanjutkan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77,48%. Maka penelitian dinyatakan selesai.Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode gerobak dorong, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam melakukan rol depan. Terbukti dari siklus ke siklus kemampuan siswa telah mengalami peningkatan.Kata Kunci: Keterampilan, Teknik Dasar Gerobak Dorong