Penulis / NIM
MUHAMMAD FIRJAN GOBOL / 831412025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
ABSTRAK
MUH. FIRJAN GOBOL. 2017. Penerapan Model Pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing bawah Permainan Bolavoli (Penelitian Tindakan Kelas Siswa/i Kelas VII B SMP Negeri 7 Kota Gorontalo). Skripsi. Jurusan Pendidikan dan Jasmani, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Pembimbing (1) Drs. Sarjan Mile, M.s. Pembimbing (2) Risna podungge, S.pd, M.pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah pada materi permainan bola voli khususnya pada tehnik dasar passing bawah masih kurang efektif dan kurangnya peralatan pembelajaran penjasorkes,Siswa belum bisa atau memahami dalam melakukan praktek,Siswa tidak mendapatkan pengalaman gerak melalui proses pembelajaran,Rendahnya keterampilan passing bawah.cara pemecahan masalah adalah dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE).
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah upaya untuk meningkatkan keterampilan passing bawah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada siswa kelas VII B SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Hipotesis penelitian adalah: Jika model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) diterapkan, maka keterampilan passing bawah permainan bolavoli pada siswa kelas VII B SMP Negeri 7 Kota Gorontalo akan meningkat. Indikator dalam penelitian ini adalah: apabila keterampilan passing bawah permainan bolavoli siswa/i kelas VII B SMP Negeri 7 Kota Gorontalo dapat meningkat dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 80 dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) maka penelitian tindakan kelas ini dianggap selesai dan berhasil.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi siswa serta evaluasi atas materi yang diajarkan setiap siklus. Kemudian data tersebut di analisis untuk mengetahui peningkatan yang terjadi. Berdasarkan analisis data dapat diketahui terjadinya peningkatan rata-rata keterampilan siswa melakukan passing bawah yakni: pada observasi awal nilai rata-rata keseluruhan siswa melakukan Passing bawah sebesar 58,33. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 12,08 menjadi 70,41. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 10,84 mejadi 81,25. Secara keseluruhan, peningkatan dari observasi awal hingga hasil dari evaluasi siklus II adalah sebesar 22,92.Dengan demikian dapat dikatakn bahwa hipotesis yang telah diajukan dapat diterima karena teruji kebenarannya.
Katakunci: Keterampilan Passing Bawah permainan bolavoli, Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE)
Download berkas