Penulis / NIM
MUHAMMAD MUNIF BIMANTORO PAPUTUNGAN / 831412031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
ABSTRAK
MUHAMMAD MUNIF BIMANTORO PAPUTUNGAN. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem solving Dalam Meningkatkan Keterampilan Teknik Pukulan ForehandPada Permainan Tenis Meja(Penelitian Tindakan Kelas Siswa/i Kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Dungaliyo).Skripsi. Jurusan Pendidikan dan Jasmani, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Pembimbing (1) Drs.Sarjan Mile,M.s. Pembimbing (2) Risna Podungge, S.pd, M.pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah pada materi permainan tenis meja khususnya pada teknik dasar pukulan forehand masih kurang efektif dan kurangnya peralatan pembelajaran penjasorkes,Siswa belum bisa atau memahami dalam melakukan praktek,Siswa tidak mendapatkan pengalaman gerak melalui proses pembelajaran,Rendahnya keterampilan teknik pukulan forehand.cara pemecahan masalah adalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan teknik pukulan forehand dengan penggunaan model pembelajaran problem solving pada siswa kelas VIII 4 SMP Negeri 1 Dungaliyo. Hipotesis penelitian adalah: Jika model pembelajaran Problem Solving diterapkan, maka keterampilan teknik pukulan forehand dalam permainan tenis mejapada siswa kelas VIII 4 SMP Negeri 1 Dungaliyo akan meningkat. Indikator dalam penelitian ini adalah: apabila keterampilan teknik pukulan forehand permainan tenis meja siswa/i kelas VIII 4 SMP Negeri 1 Dungaliyo dapat meningkat dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 80 dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving maka penelitian tindakan kelas ini dianggap selesai dan berhasil.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi siswa serta evaluasi atas materi yang diajarkan setiap siklus.Kemudian data tersebut di analisis untuk mengetahui peningkatan yang terjadi. Berdasarkan analisis data dapat diketahui terjadinya peningkatan rata-rata keterampilan siswa melakukan teknik pukulan forehand yakni: pada observasi awal nilai rata-rata keseluruhan siswa melakukan teknik pukulan forehand sebesar 41,67. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 23,5 menjadi 65,17. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebesar16,50 menjadi 81,67. Secara keseluruhan, peningkatan dari observasi awal hingga hasil dari evaluasi siklus II adalah sebesar 40.Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hipotesis yang telah diajukan dapat diterima karena teruji kebenarannya.
Katakunci: Keterampilan Teknik Pukulan Forehand Permainan Tenis Meja, Model Pembelajaran Problem Solving
Download berkas