Penulis / NIM
YUSRAN A. DODA / 831412032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
ABSTRAK
Yusran A. Doda, 2016. Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Sepak Sila Pada Permainan Bola Sepak Takraw (Studi eksperimen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabila). Pembimbing I Dr. Hj Aisah R. Pomatahu, Dra, M.Kes dan Pembimbing II Risna Podungge, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMA Negeri 1 Kabila khususnya pada siswa kelas XI yang meneliti tentang keterampilan siswa dalam melakukan sepak sila pada cabang olahraga sepak takraw dengan menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Penelitian eksperimen yang bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terhadap keterampilan siswa dalam melakukan sepak sila dalam permainan sepak takraw. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabila. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one grup pre test post test design, dengan menggunakan total sampel sebagai metode pengambilan sampel.
Pengumpulan data yang digunakan adalah indikator keterampilan siswa melakukan sepak sila dan pengujian analisis data menggunakan uji-t. Dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 15.67, sedangkan dari tabel nilai t atau ttabelpada alfa = 0.05; dk = n-1 (15-1 =14) diperoleh harga ttebel = 1.761. Dengan demikian thitung lebih besar dari pada ttebel(15.67> 1.761). Selanjutnya, mengacu pada kriteria pengujian yang menyatakan bahwa tolak Ho jika thitung (t0) > ttebel (tt), maka dalam hal ini H0 ditolak dan Ha diterima. Atau dengan kata lain, terdapat peningkatan kemampuan Sepak sila dalam permainan sepak takrawpada siswa kelas XI SMA Negeri 1Kabila .
Kata Kunci : Model ..."TGT (Teams Games Tournament), Keterampilan siswa dalam melakukan Sepak Sila.
Download berkas