Penulis / NIM
AHMAD ALI / 831412035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
INTI SARI
Ahmad Ali, 831412035 ..."Meningkatkan Keterampilan Dribble Pada Permainan Bola Basket Melalui Model Pembelajaran Explicite instruction Pada Siswa Kelas VII.1 di SMP Negeri 1 Dungaliyo.
Masalah yang di temui pada waktu observasi yaitu kenyataannya siswa belum mampu melakukan teknik dasar menggiring bola (Dribble) dengan baik dan benar, hal ini ditandai dengan rendahnya kemampuan siswa dalam menguasai cara menggirng (Dribble) karena strategi atau model pembelajaran yang kurang tepat, salah satu cara yang tepat adalah menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarankan. Model pembelajaran yang pas yaitu melalui pembelajaran explicite instruction. Tujuan: untuk meningkatkan keterampilan Dribble pada permainan bola basket melalui model pembelajaran explicite instruction. Hipotesis tindakan sebagai berikut:..."Jika diterapkan model pembelajaran Explicite instruction dalam meningkatkan keterampilan Dribble pada permainan bola basket, maka kemampuan siswa di SMP Negeri 1 Dungaliyo meningkat. Dan indikator kinerja, ..."Jika kemampuan siswa dalam melakukan Dribble mencapai 80% ke atas dengan indikator capaian rata-rata (80-100 kategori sangat baik) maka penelitian dinyatakan selesai..Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Dungaliyo, dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 15 orang putra dan 15 orang putri. berdasarkan analisis dan refleksi data diketahui terjadi peningkatan rata-rata keterampilan dasar menggiring bola (Dribble) yakni: pada observasi awal rata-rata keterampilan dasar Dribble rendah sebesar 53,33 (K). Setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan 72,16 (B). Dan pada tindakan siklus II diperoleh hasil capaian sebesar 82,33 (SB). Dan untuk Dribble tinggi pada observasi awal, 50,00 (K) kemudian meningkat menjadi 72,50 (B) pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 81,66 kategori sangat baik (SB).
Simpulan, maka hipotesis yang dinyatakan: ..."Jika guru menerapkan model pembelajaran Explicite instruction maka siswa dalam melakukan keterampilan menggiring bola (Dribble) pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Dungaliyo meningkat.
Kata Kunci: Keterampilan Dasar Menggiring Bola (Dribble) Melalui Model Pembelajaran Explicite instruction.
Download berkas