Penulis / NIM
GIOFANDI SAMIN / 831412037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
Giofandi Samin, 831412037, 2016. " Hasil Belajar Keterampilan Servis Forehand DalamPermainan Tenis Meja PadaSiswa SMPNegeri 8 Gorontalo(Study EksperimentModel Pembelajaran Student Team Achievement Divisions).Di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Hariadi Said, M.S selaku pembimbingI dan Ruslan S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Gorontalo, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran cooperative type student team achievement divisions terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan servis forehand pada olahraga tenis meja pada siswa putra kelas VIII-5 SMP Negeri 8 Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 18 kali pertemuan. Obyek penelitian kelas VIII-5 dengan jumlah siswa 17.
Berdasarkan hasil penelitian pre-test menunjukkan skor tertinggi 16 dan skor yang terendah 8. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 207 dan nilai standar deviasi 2.12 dan varians 4.529. Sedangkan pada hasil penelitian post-test menunjukkan skor tertinggi 23 dan skor terendah 16. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 324 dan standar deviasi 2.01 serta varians 4.058. Sedangkan pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukkan harga thitung sebesar 18.59. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga ttabel 1,746. Ternyata harga thitung telah lebihbesar darittabel.Dapatdisimpulkanbahwa model pembelajaran cooperative type (STAD) memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap hasil belajar Keterampilan servis forehand pada siswa putra kelasVIII-5 SMP Negeri 8 Gorontalo.
Kata Kunci: Servis Forehand, Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD)
Download berkas